PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN PUPUK ORGANIK DAN NON ORGANIK DENGAN BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN BIBIT CEMARA SUMATRA (Taxus sumatrana)

DYTHA AYUNINGTIAS FARA SAPUTRI, NIM. 452018017 (2023) PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN PUPUK ORGANIK DAN NON ORGANIK DENGAN BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN BIBIT CEMARA SUMATRA (Taxus sumatrana). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452018017_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I dythak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
Cover dythak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Cemara Sumatra (Taxus sumatrana) adalah jenis pohon hutan yang hidup di pulau sumatera, Indonesia, memiliki nilai ekonomis yang tinggi dikarenakan senyawa aktif yang terkandung didalamnya berkhasiat sebagai obat antikangker yang paling diburu. Pada tahun 2019 tim Peneliti Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kuok bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Taxus Singgalang, berhasil menemukan populasi Cemara Sumatra (Taxus sumatrana) di Gunung Singgalang. Penelitian dilaksanakan untuk menganalisis perbandingan laju pertumbuhan bibit Cemara Sumatra  (Taxus sumatrana) terhadap media tanam yang diberikan campuran pupuk kotoran ayam dan NPK, serta untuk mengetahui dan menganalisis kandungan unsur yang terdapat pada campuran pupuk organik dan non organik yang terbaik pengaruhnya terhadap laju pertumbuhan Cemara Sumatra (Taxus sumatrana). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 perlakuan yang dibagi 9 kelompok, setiap perlakuan dilakukan penanaman 5 batang bibit, sehingga jumlah sampel yang digunakan 135 batang sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan pemberian campuran pupuk organik dan nonorganik dengan berbagai konsentrasi pada perlakuan P2 menunjukan perlakuan terbaik terhadap laju pertumbuhan bibit Cemara Sumatra (Taxus sumatrana), dengan hasil persen tumbuh 100%, pertambahan daun yang tumbuh 96helai dari 9 batang dengan rata-rata 10,67helai berpengaruh sangat nyata, pertumbuhan tinggi 66,90cm dengan rata-rata 7,43cm berpengaruh sangat nyata, pertumbuhan diameter batang 11,54mm dengan rata-rata 1,28mm berpengaruh sangat nyata, dan nilai kekokohan 5,80.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Yuli Rosianty, S.Hut, M.Si 2. Sasua Hustati Syachroni, S.P., M.Si
Subjects: Kehutanan > Kesuburan Tanah dan Pemupukan
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:13
Last Modified: 30 Oct 2023 02:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27360

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.