PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA HARIAN LEPAS MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

EDWIN OKTORIAWAN, NIM. 502019157 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA HARIAN LEPAS MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502019157_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502019157_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
502019157_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
502019157_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
502019157_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
502019157_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502019157_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA HARIAN LEPAS MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN Edwin Oktoriawan Pegawai tidak tetap merupakan pegawai yang hanya menerima jumlah hasil pekerjaan yang mempunyai penghasilan berupa upah harian, upah mingguan, upah satuan serta upah borongan. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap tenaga kerja harian lepas menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003? dan 2) Apakah hak dan kewajiban tenaga kerja harian lepas menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif sehingga tidak berkehendak menguji hipotesis. Teknik pengumpulan yaitu penelitian kepustakaan, dengan mengkaji data sekunder, berupa bahan hukum primer (Peraturan Perundangan), bahan hukum sekunder (literatur, hasil penelitian), dan bahan hukum tersier (kamus umum, kamus hukum, ensiklopedia dan lain lain). Teknik Pengolahan Data dilakukan dengan cara menerapkan analisis isi, untuk selanjutnya di konstruksikan dalam suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Perlindungan hukum terhadap Tenaga Kerja Harian Lepas menurut Undang-undang Nomor 13 tahun 2003, yaitu: a) Perlindungan dari diskriminasi: Hukum ketenagakerjaan melarang diskriminasi dalam hubungan kerja berdasarkan ras, agama, jenis kelamin, usia, atau disabilitas. Semua pekerja harus diperlakukan secara adil dan setara; b) Penyelesaian sengketa: Hukum ketenagakerjaan menyediakan prosedur penyelesaian sengketa antara pekerja dan majikan, misalnya melalui mediasi, arbitrase, atau pengadilan ketenagakerjaan; c) Keselamatan dan kesehatan kerja: Hukum ketenagakerjaan mewajibkan pengusaha untuk memberikan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi pekerja. Pengusaha juga harus menyediakan perlengkapan keselamatan dan pelatihan yang sesuai. 2) Hak dan kewajiban dari Tenaga Kerja Harian Lepas menurut Undang-undang Nomor 13 tahun 2003, yaitu: a) Hak-hak pekerja: Hukum ketenagakerjaan menjamin hak-hak dasar pekerja, seperti hak atas upah yang adil, jam kerja yang wajar, cuti, dan jaminan sosial. Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi pekerja agar tidak dieksploitasi oleh majikan; b) Kontrak kerja: Hukum ketenagakerjaan mengatur ketentuan-ketentuan dalam kontrak kerja antara pekerja dan majikan. Kontrak kerja ini berisi informasi tentang tugas pekerjaan, gaji, masa kerja, dan hak serta kewajiban masing-masing pihak. Kata kunci: Perlindungan Hukum dan Tenaga Kerja Harian Lepas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi I : Atika Ismail, SH., MH. Pembimbing Skripsi II : Hj. Siti Mardiyati, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum dan Tenaga Kerja Harian Lepas
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:15
Last Modified: 26 Oct 2023 06:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27331

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.