PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT DI DESA PETRANS JAYA KECAMATAN MUARA KELINGI KABUPATEN MUSI RAWAS

Bambang Purbo, NIM. 412019019 (2023) PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT DI DESA PETRANS JAYA KECAMATAN MUARA KELINGI KABUPATEN MUSI RAWAS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412019019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
412019019_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019019_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019019_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019019_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019019_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019019_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019019_Cover_sampai_Lampiran..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran BUMDes dalam meningkatkan pendapatan petani kelapa sawit, mengetahui faktor yang menghambat peran BUMDes, dan mengetahui berapa besar pendapatan petani sawit di Desa Petrans Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini telah dilakukan di Desa Petrans Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode survey. Metode penarikan contoh dalam penelitian ini menggunakan metode Simple Random Sampling, metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah dalam melakukan proses pengolahan data yang dilakukan editing, coding dan tabulating. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan peran BUMDes Petrans Jaya dalam meningkatkan pendapatan masyarakat telah diwujudkan walaupun belum maksimal, peran BUMDes Petrans Jaya juga diwujudkan dengan adanya unui-unit usaha yang ada didalamnya seperti: unit pinjaman dan penyediaan alat-alat pertanian. Selain itu terlihat beberapa peningkatan jumlah nasabah. Dana pinjaman yang diberikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Petrans Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas untuk meningkatkan pendapatan masyarakat guna memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Adapun faktor penghambat yang dihadapi BUMDes Petrans Jaya dalam upaya meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu kemampuan sumber daya manusia yang masih kurang dimana hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengurus BUMDes Petrans Jaya yang merangkap jabatan, sehingga tidak efektifnya dalam melaksanakan tugas dan pendapatan usahatani kelapa sawit di Desa Petrans Jaya adalah sebesar Rp. 3.243.995/Ha/Bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Ir. Sutarmo Iskandar, MS., M.Si 2. Harniatun Iswarini, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peran, BUMDes dan Meningkatakan Pendapatan Petani Kelapa Sawit
Subjects: Agribisnis > Struktur pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:19
Last Modified: 26 Oct 2023 03:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27319

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.