DAMPAK ALIH KOMODITI KARET MENJADI KOMODITI KELAPA SAWIT TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI DI DESA SIDOMAKMUR KECAMATAN KIKIM BARAT KABUPATEN LAHAT

RISKI YUNIAR WULANDARI, NIM. 412019052 (2023) DAMPAK ALIH KOMODITI KARET MENJADI KOMODITI KELAPA SAWIT TERHADAP KESEJAHTERAAN PETANI DI DESA SIDOMAKMUR KECAMATAN KIKIM BARAT KABUPATEN LAHAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412019052_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412019052_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
412019052_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
412019052_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
412019052_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
412019052_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
412019052_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019052__COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RISKI YUNIAR WULANDARI “Dampak Alih Komoditi Karet Menjadi Komoditi Kelapa Sawit Terhadap Kesejahteraan Petani di Desa Sidomakmur Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat”. (Dibimbing oleh RAHMAT KURNIAWAN dan INNIKE ABDILLAH FAHMI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi petani melakukan alih komoditi karet menjadi komoditi kelapa sawit serta untuk menganalisis dampak alih komoditi karet menjadi komoditi kelapa sawit terhadap kesejahteraan petani di Desa Sidomakmur Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sidomakmur Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat pada bulan Februari sampai Maret 2023. Metode yang digunakan adalah Survei. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah dengan cara Proportionate stratified random sampling, dimana dalam penelitian sampel yang gunakan sebanyak 53 orang, yang terdiri 41 petani yang melakukan alih komoditi dan 12 petani yang tidak melakukan alih komoditi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner yang telah dipersiapkan sebelumnya dan dokumentasi dimana data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan sedangkan metode pengolahan dan analisis data yaitu editing, coding, dan tabulating. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan petani melakukan alih komoditi karet menjadi komoditi kelapa sawit adalah harga karet, dengan nilai signifikan 0,001 dengan besar peluang 0,996 sedangkan untuk faktor pendapatan karet, harga jual TBS, produksi karet dan produksi kelapa sawit tidak berpengaruh secara signifikan. Selain itu, dampak alih komoditi terhadap kesejahteraan petani berdasarkan 8 indikator kesejahteraan menurut Badan Pusat Statistik (BPS), kesejahteraan petani di Desa Sidomakmur Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat termasuk dalam kategori kesejahteraan tinggi sebanyak 100% dibandingkan dengan petani karet yang belum melakukan alih komoditi karet menjadi komoditi kelapa sawit dimana 100% dari jumlah responden termasuk dalam kategori kesejahteraan sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DOSEN PEMBIMBING : 1. Rahmat Kurniawan,S.P., M.Si 2. Innike Abdillah Fahmi, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : KOMODITI KARET, KELAPA SAWIT,KESEJAHTERAAN PETANI
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:20
Last Modified: 26 Oct 2023 03:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27318

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.