STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS PORANG DI KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

NOVRINA PALUPY, NIM. 412019036 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS PORANG DI KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412019036__BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
412019036__BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
412019036__BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
412019036__BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
412019036__BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
412019036__DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
412019036__LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412019036_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NOVRINA PALUPY “Strategi Pengembangan Agribisnis Porang Di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin”. (Dibimbing oleh SISVABERTI AFRIYATNA dan INNIKE ABDILLAH FAHMI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan agribisnis dan pendapatan di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini dilaksanakan di Di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin pada bulan Februari sampai Maret 2023. Metode yang digunakan adalah Survei. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah dengan cara Purposive Sampling, dimana dalam penelitian sampel yang gunakan sebanyak 17 orang, yang terdiri 10 orang petani, 5 Kepala Desa, 2 Penyuluh Pertanian, dan 1 Dinas Tanaman Pangan dan Hortikulturan Kabupaten Musi Banyuasin. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner yang telah dipersiapkan sebelumnya dan dokumentasi dimana data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan sedangkan metode pengolahan dan analisis data yaitu editing, coding, dan tabulating. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaf. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat di ambil kesimpulan bahwa besar pendapatan usahatani porang Di Kecamatan Sungai Lilin Sebesar Rp. 120.507.667. Strategi yang diterapkan pada usahatani porang di Kecamatan Sungai Lilin dengan Matriks IFAS, EFAS dan SWOT adalah strategi yang mendukung strategi agresif. Dimana strategi ini sangat menguntungkan bagi usahatani porang. Dan menghasilkan yaitu SO Mengadakan pencetakan lahan usahatani porang sebesar ±40 ha dan ditanam secara monokultur agar dapat meningkatkan pendapatan petani, memanfaatkan sarana dan prasana produksi pupuk, pestisida dan alat alat seperti sprayer, parang, alat bajak dan cangkul untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas porang yang bagus. ST Menerapkan hilirisasi produk olahan seperti rumah produksi/pabrik yang bisa memberdayakan masyarakat desa sebagai tenaga kerja dalam memproduksi olahan porang sehingga jika ada perubahan harga dapat menambah nilai produk. WO Menciptakan sistem pembiayaan/asuransi pertanian yang sesuai dengan resiko usahatani, Menciptakan sumber daya manusia melalui masyarakat dengan memberikan pelatihan mengenai bibit agar sarana pengadaan bibit tersedia pada tingkat kecamatan sehingga dapat memanfaatkan peluang dukungan pemerintah pada ekspor porang. WT Mengadakan bantuan peralatan seperti oven sehingga perubahan cuaca bukan lagi menjadi alasan dalam pengolahan chip porang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. Sisvaberti Afriyatna, S.P.,M.Si 2. Innike Abdillah Fahmi, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : AGRIBISNIS, PORANG, SUNGAI LILIN
Subjects: Agribisnis > Budidaya Tanaman
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:44
Last Modified: 26 Oct 2023 02:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27317

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.