PERANCANGAN ALAT PENETAS TELUR PUYUH BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN METODE PROPORTIONAL INTEGRAL DAN DERIVATIVE (PID)

RIA IRIANI, NIM.162019074 (2023) PERANCANGAN ALAT PENETAS TELUR PUYUH BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN METODE PROPORTIONAL INTEGRAL DAN DERIVATIVE (PID). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
162019074_BAB_1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (881kB) | Preview
[img] Text
162019074_BAB_II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
162019074_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text
162019074_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
162019074_BAB_V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
162019074_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
162019074_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
162019074_COVER_SAMPAI_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada zaman sekarang ini, perkembangan ilmu teknologi makin maju. Berbagai teknologi dikembangkan agar dapat bermanfaat kepada banyak orang. Dalam bidang peternakan, . Kebanyakan peternak masih menggunakan cara manual untuk melakukan berbagai aktifitas pada masing-masing ternak. Misalnya pada peternakan burung puyuh. Dalam bidang teknologi tentu masyarakat membutuhkan peralatan yang mampu memudahkan bisnis peternakan. Dalam penelitian inipenulis akan membuat sebuah perancangan alat penetas telur puyuh berbasis Arduino menggunakan metode proportional integral dan derivative (PID). Bersamaan dengan pesatnya perkembangan teknologi. Maka dengan adanya sistem perancangan ini nantinya dapat memudahkan peternak dalam melakukan penetasan telur puyuh. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode prototype.Arduino diprogram menggunakan bahasa C, sensor DHT 22 untuk menjaga kesetabilan suhu, motor stepper untuk membalik telur puyuh. Liquid Crystal Display (LCD) untuk mengetahui informasi pada alat penetas telur. Dari hasil pengujian untuk menjaga kesetabilan suhu pada mesin penetas telur puyuh sangat membantu karena jika terjadi perubahaan suhu pada ruangan akan segera setabil kembali, sehingga telur akan tetap berada pada suhu > 37 dan < 39 derajat. Penggunaan sensor dht22 sangat membantu dalam proses menjaga kesetabilan suhu pada ruang mesin penetas telur.Penggunaan LCD 16 x 2 sudah dapat memenuhi tampilan menu pada sistem ini.Pada pengujian keseluruhan, sistem dapat berjalan sesuai rencana awal yaitu dapat menjaga kesetabilan suhu ruang mesin penetas telur. Hasil dari pengujian penetasan telur Pengujian dimulai pada tanggal 31 juli 2023 dengan memasukkan telur berjumlah 25 butir telur burung puyuh kedalam alat. Telur yang akan ditetaskan merupakan telur burung puyuh fertile. Jangka waktu telur yang dapat ditetaskan adalah kurang dari 5 hari setelah dikeluarkan oleh induknya, jika lebih dari 5 hari maka embrio didalam telur akan sulit untuk ditetaskan. Pada hari ke 3 telur sudah mulai membolak balik dengan menggunakan motor steper, Pada gambar ke empat tanggal 15 agustus telur sudah menetas dengan jumlah 22 burung puyuh dan 3 mati didalam. telur menetas,bagian bulunya sudah kering saya pindahkan tempat didalam kotak kardus dan sudah mulai saya beri pakan burung dan minum. Kata Kunci : alat penetas telur puyuh, Arduino,DHT 22, motor stepper,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Zulhipni Reno Saputra Elsi, S.T., M.Kom. 2. Karnadi, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: alat penetas telur puyuh, Arduino,DHT 22, motor stepper,
Subjects: Teknologi informasi > Jaringan
Teknologi informasi > komputer
Teknologi informasi > perangkat keras
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:03
Last Modified: 26 Oct 2023 01:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27314

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.