PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KEJAHATAN PERAMPOKAN DENGAN MODUS KENCAN SESAMA JENIS DIKOTA PALEMBANG

MARINI YULIANTI, NIM. 91221054 (2023) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KEJAHATAN PERAMPOKAN DENGAN MODUS KENCAN SESAMA JENIS DIKOTA PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91221054_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
91221054_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KEJAHATAN PERAMPOKAN DENGAN MODUS KENCAN SESAMA JENIS DI KOTA PALEMBANG OLEH MARINI YULIANTI Latar Belakang adalah tindakan perampokan ini merupakan tindakan yang mengandung unsur menggunakan kekerasan yang saat ini semakin merajalela. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penegakan hukum terhadap kejahatan perampokan dengan modus kencan sesama jenis di kota Palembang?’ 2) Apa saja yang menjadi kendala dalam penegakan hukum terhadap kejahatan perampokan dengan modus kencan sesama jenis di kota Palembang?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis empiris. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penegakan hukum terhadap kejahatan perampokan dengan modus kencan sesama jenis di kota Palembang telah ditegakan melalui penal yaitu penjatuhan sanksi pidana penjara bagi para pelaku masing-masing pidana penjara 1 (satu) tahun 6 (enam) bulan dikurangi selama penahanan seluruhnya dengan perintah terdakwa tetap berada dalam tahanan yang sesuai dengan ketentuan pidana materil yang berlaku dan syarat dapat dipidananya terdakwa, hal ini didasarkan pada pemeriksaan dan fakta-fakta yang terungkap di persidangan, dimana alat bukti yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum yaitu keterangan saksi-saksi dan barang bukti bersesuaian dengan keterangan terdakwa yang mengakui perbuatan yang telah dilakukannya. Sehingga majelis Hakim menyatakan perbuatan terdakwa telah memenuhi unsur-unsur tindak pidana yang didakwakan oleh Jaksa Penuntut Umum yaitu dakwaan primer yaitu Pasal 365 ayat (2) ke-1, ke-2, ke-3 KUHPidana.; 2) Kendala dalam penegakan hukum terhadap kejahatan perampokan dengan modus kencan sesama jenis di kota Palembang yaitu Pertama, kendala kareana faktor hukumnya sendiri yaitu dimana tidak diterapkannya asas-asas berlakunya undang-undang ini sendiri, belum adanya peraturan-peraturan yang begitu perlu untuk menerapkan undang-undang. Kedua, kendala karena faktor penegak hukum. Ketiga, kendala faktor sarana penunjang penegakan hukum yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia, banyaknya perkara, berkas yang tidak lengkap, rumitnya perkara, kurangnya komunikasi antar lembaga pengadilan, kurangnya sarana atau fasilitas dan adanya tugas sampingan para hakim, sehingga menambah sulitnya penegakan hukum dan juga banyaknya perkara yang harus diselesaikan, sedangkan waktu untuk mengadilinya mempunyai waktu yang sangat terbatas. Keempat, kedala kurangnya kesadaran hukum masyarakat dan partisipasi masyarakat dalam penegakan hukum Kata Kunci: Penegakan Hukum , Kejahatan Perampokan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBIMBING : 1.Dr.SAIPUDDIN ZAHRI,SH,.M.H. 2.Dr.H.KN SOFYAN HASAN,SH,.M.H.
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum , Kejahatan Perampokan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:45
Last Modified: 26 Oct 2023 01:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27308

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.