STRATEGI PENANGGULANGAN DAMPAK BENCANA BANJIR DI KECAMATAN SUKARAMI KOTA PALEMBANG SUMATERA SELATAN

David Andrian, Nim. 452019006 (2023) STRATEGI PENANGGULANGAN DAMPAK BENCANA BANJIR DI KECAMATAN SUKARAMI KOTA PALEMBANG SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452019006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img] Text
452019006_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
452019006_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
452019006_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
452019006_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
452019006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
452019006_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
452019006_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RINGKASAN DAVID ANDRIAN. Strategi Penanggulangan Dampak Bencana Banjir di Kecamatan Sukarami Kota Palembang Sumatera Selatan. (Dibimbing oleh ASVIC HELIDA dan SASUA HUSTATI). Bencana banjir merupakan kejadian alam yang dapat terjadi setiap saat dan sering mengakibatkan hilangnya nyawa serta harta benda.Banjir juga dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar, diantaranya adalah kerusakan pemukiman (tempat tinggal), perekonomian dan lingkungan suatu wilayah, infrastruktur, dan bahkan kehilangan nyawa manusia. Hujan yang datang dengan intensitas tinggi dan berlangsung untuk waktu yang cukup lama mengakibatkan debit air di Sungai Musi tinggi, sehingga air meluap dan terdapat beberapa titik genangan di tujuh Kecamatan di Palembang, diantaranya: Sukarami, Kalidoni, Ilir Timur I, Ilir Timur II, Ilir Barat I, Kemuning, dan Sako. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif. Penelitian Kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta kausalitas hubungan-hubungannya. Tujuan Penelitian Kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan atau hipotesis yang berkaitan dengan suatu fenomena. metode selanjutnya Metode yang digunakan dalam penelitian ini pemetaan lokasi rawan banjir adalah deskriptif kuantitatif atau penelitian terapan yang didalamnya mencakup penelitian survei, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan tingkat kerawanan banjir yang terjadi saat ini dan yang akan datang Formulasi strategi, Undang-undang Nomor 24 tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana menyebutkan bencanan adalah peristiwa atau rangkaian yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat oleh faktor alam dan faktor non alam maupun faktor manusia sehingg mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis. Implementasi strategi Perubahan data melalui implementasi data dan evaluasi, bukan melalui perencanaan. Evaluasi strategi merupakan prosedur membandingkan informasi tentang kegiatan pelaksanaan program dengan tujuan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil identifikasi, banjir yang terjadi di kawasan Kecamatan Sukarami Kota Palembang bukan merupakan banjir melainkan air yang tergenang. Kemudian berdasarkan hasil identifikasi peta sebaran banjir terdapat beberapa titik titik sebaran banjir yang berada di tujuh kelurahan dengan jumlah tingkatan 19 titik sebaran banjir yang ada di Kecamatan Sukarami

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Dr.asvic helida S.Hut.,M.Sc 2.Sasua Hustati S.P.,M.Si
Uncontrolled Keywords: strategi penanggulangan bencana banjir
Subjects: Kehutanan > Konservasi Tanah dan Air
Kehutanan > ilmu kehutanan dan etika lingkungan
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 21 Oct 2023 06:41
Last Modified: 21 Oct 2023 06:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27252

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.