Penyelesaian Tanah Objek Reforma Agraria pada Kawasan Hutan Produksi Tetap Terusan Sialang (Studi Kasus di Desa Lubuk Makmur Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan)

Synthia Rezkita, NIM. 452017018 (2023) Penyelesaian Tanah Objek Reforma Agraria pada Kawasan Hutan Produksi Tetap Terusan Sialang (Studi Kasus di Desa Lubuk Makmur Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452017018_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text
452017018_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
452017018_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
452017018_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
452017018_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
452017018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
452017018_COVER_SAMPAI_AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penguasaan tanah dalam kawasan hutan di Indonesia merupakan permasalahan yang dilematik sehingga dibutuhkan upaya penyelesaian melalui Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH). Kawasan Hutan Produksi Tetap Terusan Sialang yang terletak di Desa Lubuk Makmur merupakan salah satu sumber Tanah Objek Reforma Agararia (TORA). Oleh karena itu, untuk mengetahui (indikasi) penguasaan tanah dalam kawasan hutan dan implikasi atas rekomendasi pola penyelesaian penguasaan tanah dalam kawasan hutan di Desa Lubuk Makmur diperlukan identifikasi dan analisis dengan melakukan wawancarra secara mendalam,observasi dan studi pustaka. Desa Lubuk Makmur dengan kriteria permukiman, fasilitas umum dan fasilitas sosial telah ditindaklanjuti dengan Inventarisasi dan Verifikasi Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (Inver PTKH) di lapangan. Rekomendasi Gubernur Sumatera Selatan terhadap Hasil Inver PTKH Desa Lubuk Makmur adalah dengan perubahan batas kawasan hutan dan perhutanan sosial. Terdapat implikasi atas kebijakan reforma agraria di Desa Lubuk Makmur yaitu, Tim Inver PTKH belum menjalankan perannya secara optimal, sumber daya manusia yang terbatas, regulasi yang panjang serta terdapat penguasaan lahan yang belum menjadi objek TORA. Selain itu terdapat pula implikasi dari rekomendasi pola Penyelesaiaan Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan di Desa Lubuk Makmur berdasarkan 3 (tiga) aspek yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Asvic Helida, S.Hut., M.Sc. 2. Dr. Ir. Yayat Hidayat, S.Hut.T., M.Si., IPU.
Uncontrolled Keywords: Kawasan Hutan, Inver PTKH, PPTKH, TORA
Subjects: Kehutanan > Kebijakan dan perundangan Kehutanan
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:59
Last Modified: 20 Oct 2023 02:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27228

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.