TANGGUNG JAWAB PRODUSEN TERHADAP PRODUK YANG TIDAK ADA TANGGAL KADALUARSA

DASEP SUHANDA, NIM. 502017287 (2022) TANGGUNG JAWAB PRODUSEN TERHADAP PRODUK YANG TIDAK ADA TANGGAL KADALUARSA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017287_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
502017287_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
502017287_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
502017287_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
502017287_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
502017287_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
502017287_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

TANGGUNG JAWAB PRODUSEN TERHADAP PRODUK YANG TIDAK ADA TANGGAL KADALUARSA DASEP SUHANDA Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut : 1. Apa saja tanggung jawab produsen terhadap produk yang tidak ada tanggal kadaluarsa ? 2. Bagaimanakah perlindungan hukum pada konsumen yang mendapati produk makanan yang tidak ada tanggal kadaluarsa ? Selaras dengan tujuan yang bermaksud untuk mengetahui tanggung jawab produsen terhadap produk yang tidak ada tanggal kadaluarsa dan perlindungan hukum pada konsumen yang mendapati produk makanan yang tidak ada tanggal kadaluarsa, maka jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normative yang bersifat deskriptif (menggambarkan), oleh karenanya tidak bermaksud untuk menguji hipotesa. Teknik penggumpulan data dititikberatkan kepada penelitian kepustakaan dengan cara mengkaji bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menerapkan cara analisis isi (Content Analisys) untuk selanjutnya dikontruksikan ke dalam suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Tanggung jawab produsen terhadap produk yang tidak ada tanggal kadaluarsa, antara lain adalah Peringatan secara tertulis; Larangan untuk mengedarkan untuk sementara waktu dan atau perintah untuk menarik produk pangan dari peredaran; Pemusnahan pangan jika terbukti membahayakan kesehatan dan jiwa manusia; Penghentian produksi untuk sementara waktu; Pengenaan denda paling tinggi Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah), dan atau; Pencabutan izin produksi atau izin usaha. 2. Perlindungan hukum pada konsumen yang mendapati produk yang tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa didasarkan pada Pasal 4 huruf j Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yang berbunyi hak atas kenyamanan, kemananan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa, dan huruf i yang berbunyi hak atas inforrnasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa. Oleh karena itu seharusnya konsumen bisa menuntut ganti kerugian dari pelaku usaha agar tidak berlanjut dengan pihak lain. Kata Kunci : Tanggung jawab produsen dan Perlindungan Hukum pada Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi I : Dr. Nurhusni Emilson, SH.SP.N.MH. Pembimbing Skripsi II : Ibu Luil Maknun, SH. MH.
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab produsen dan Perlindungan Hukum pada Konsumen
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:15
Last Modified: 11 Oct 2023 06:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27078

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.