IMPLEMENTASI PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR BERJAMA’AH SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK AKHLAK MULIA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

SUMARIYATI, NIM. 622019070 (2023) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR BERJAMA’AH SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK AKHLAK MULIA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
622019070_Cover.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
622019070_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
622019070_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
622019070_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
622019070_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
622019070_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
622019070_Lampiran-Lampiran_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
622019070_Skripsi_Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sumariyati, 2023. Impelemtasi Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Sebagai Upaya Membentuk Akhlak Mulia Siswa Di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Ani Aryati (2) Titin Yenni Penelitian ini dilatar belakangi bahwa implementasi pembiasaan shalat berjamaah tersebut belum dapat berjalan secara maksimal dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah maupun di rumah. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah ibadah shalat nantinya akan menjadi kebutuhan dan rutinitas bagi siswa baik dirumah maupun di sekolah serta mampu dijalankan dengan maksimal sesuai dengan syariat Islam yang telah diajarkan. Metode penelitian : yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan pembiasaan shalat berjama’ah sebagai upaya membentuk akhlak mulia dilakukan dengan pembiasaan shalat Dhuha dan Dzhuhur. Seluruh siswa diwajibkan untuk melakukan shalat berjamaah. Yang dilakukan guru dalam Pembiasaan Shalat Berjamaah adalah menjadi contoh dan teladan bagi siswa. Faktor penghambatnya adalah a. Kurangnya kesadaran siswa, dan b. Siswa tidak disiplin. Dan dapat diatasi dengan adanya Faktor pendukung yaitu: a. Tersedia Mushola, b. Tersedia alat untuk shalat seperti sajadah, mukena, sarung, c. Tersedia tempat wudhu dan air untuk wudhu. Upaya membentuk akhlak mulia siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Palembang, meliputi berbagai aspek, seperti melakukan pembiasaan sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, keteladanan guru yang selalu mengingatkan kesiswa shalat berjamaah, guru melakukan kontrol terhadap kegiatan siswa. dan memberikan kesadaran kepada siswa bahwa shalat itu penting untuk dunia dan akhirat serta membentuk akhlak mulia. Kata Kunci : Pembiasaan Shalat Berjamaah, Akhlak Mulia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Ani Aryati, S.Ag., M.Pd. I Pembimbing 2 : Titin Yenni S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Shalat Berjamaah, Akhlak Mulia.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:57
Last Modified: 29 Sep 2023 03:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26763

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.