POLA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI KASUS WARGA MUSLIM DUSUN 1 KELURAHAN MAKARTI JAYA,KECAMATAN MAKARTIJAYA,KABUPATEN BANYUASIN)

Rizqi Falahul Akbar, NIM. 612019013 (2023) POLA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI KASUS WARGA MUSLIM DUSUN 1 KELURAHAN MAKARTI JAYA,KECAMATAN MAKARTIJAYA,KABUPATEN BANYUASIN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612019013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
612019013_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
612019013_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
612019013_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
612019013_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
612019013_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
612019013_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
612019013_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi antar budaya yang di lakukan oleh masyarakat makarti jaya yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumen, observasi dan kepustakaan. Desain penelitian ini diharapkan dapat memberikan jawaban secara abstrak maupun umum atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam suatu penelitian dasar. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa, pertama pola komunikasi antar budaya dilakukan oleh masyarakat makarti jaya yang berlatar belakang kebudayaan berbeda ini berupa : pola komunikasi antar budaya simbolik dan pola komunikasi antar budaya langsung, Kedua faktor pendukung yang terdapat pada proses komunikasi antar budaya ini adalah adanya kemampuan berkomunikasi, sikap saling menerima perbedaan, sikap ramah dan sopan santun, kemampuan beradaptasi, rasa kekeluargaan di lingkungan masyarakat makarti jaya, ketertarikan saat berkomunikasi, dan pemahaman antar budaya. Sedangkan faktor penghambat komunikasi antarbudaya ini adalah watak individu, persepsi pelaku komunikasi, pengaruh budaya lain, perbedaan bahasa, Ketiga solusi atau upaya pecegahan terjadinya konflik antar suku budaya yang dilakukan masyarakat makarti jaya dalam komunikasi antar kebudayan yang berbeda dengan selalu berkomitmen menjaga status zero konflik di makarti jaya, salah satu strateginya yakni dengan cara memperkuat sinergi antar tokoh agama dan tokoh tetuah suku yang ada karena agar terciptanya suatu kerukunan. Kata Kunci : komunikasi, budaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :1 Dr.Abu Hanifah,M.Hum Pembimbing :2 Yahya, LC.,M.P.I
Uncontrolled Keywords: komunikasi, budaya
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Komunikasi Penyiaran Islam > Masyarakat dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:05
Last Modified: 18 Sep 2023 07:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26599

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.