PERTIMBANGAN HAKIM PADA MAHKAMAH AGUNG ATAS PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) SEPIHAK PEKERJA YANG BEKERJA DI DUA PERUSAHAAN (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung No. 969 K/Pdt.Sus-PHI/2021)

MURSYID, NIM. 91221052 (2023) PERTIMBANGAN HAKIM PADA MAHKAMAH AGUNG ATAS PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) SEPIHAK PEKERJA YANG BEKERJA DI DUA PERUSAHAAN (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung No. 969 K/Pdt.Sus-PHI/2021). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
91221052_Mursyid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pekerja atau buruh merupakan salah satu komponen atau aset penting untuk kelangsungan hidup perusahaan, dan dalam hubungan industrial terdapat adanya hubungan kerja antara pekerja atau buruh dengan perusahaan. Kemudian dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan perusahaan, PT Musi Hutan Persada (PT MHP) menemukan pekerja atau buruh yang bernama Ir. Chandralika, telah melakukan tindakan sebagai Manager HRD pada PT Kreasi Wana Lestari (PT KWL) tanpa sepengetahuan atau ijin dari pimpinan perusahaan. Sehingga muncul perselisihan industrial dan yang bersangkutan diberikan sanksi SP III sampai dengan proses Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), karena dianggap telah bekerja di dua perusahaan. Tesis ini membahas mengenai apa yang menjadi dasar pertimbangan Hakim Mahkamah Agung, dan bagaimana implikasi hukumnya ditinjau berdasarkan perspektif Undang-Undang Ketenagakerjaan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat dan Pemutusan Hubungan Kerja dalam putusan Mahkamah Agung Nomor 969 K/Pdt.Sus-PHI/2021. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan meneliti bahan pustaka dan befokus pada semua peraturan perundang-undangan, doktrin dari para pakar hukum, maupun putusan pengadilan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen yang berasal dari bahan-bahan hukum primer, sekunder dan non hukum. Data tersebut akan dianalisis dengan metode kualitatif dan disimpulkan secara deduktif berdasarkan argumentasi menurut norma-norma hukum, asas dan prinsip hukum, doktrin atau teori hukum. Hasil penelitian ini menjelaskan perlu adanya dasar pertimbangan hakim kasasi atau legal reasoning terhadap kepastian hukum atas status hukum dan legalitas hubungan kerja antara pekerja atau buruh atas nama Ir. Chandralika dengan PT KWL. Kemudian implikasi hukum yang timbul akibat putusan hakim kasasi yaitu proses PHK dan kompensasi PHK, dimana kompensasi PHK yang diberikan kepada pekerja atau buruh telah tepat dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dan diatas dari Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat dan Pemutusan Hubungan. Keywords: Pekerja atau buruh, Perselisihan Hubungan Industrial, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:22
Last Modified: 18 Sep 2023 03:22
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26588

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.