PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KEJAHATAN PELECEHAN SEKSUAL OLEH SOPIR DALAM ANGKUTAN UMUM DI KOTA PALEMBANG

RIAL ANANDA, NIM. 502019313 (2023) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KEJAHATAN PELECEHAN SEKSUAL OLEH SOPIR DALAM ANGKUTAN UMUM DI KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Image
d7b02daa-c7a7-4dee-9d0c-b98c682757b9.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
502019313_BAB I_Daftar Pustaka.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text
502019313_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
502019313_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
502019313_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
502019313_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
502019313_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] Text
502019313_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENEGAKAN HUKUM TERHADAP KEJAHATAN PELECEHAN SEKSUAL OLEH SOPIR DALAM ANGKUTAN UMUM DI KOTA PALEMBANG Oleh RIAL ANANDA Masalah kejahatan di angkutan umum, khususnya angkot bukan hal yang baru. Rangkaian kejadian kejahatan di angkot tersebut semakin menunjukkan fakta bahwa ancaman dan resiko bagi para penumpang perempuan dari berbagai tindak kekerasan, kriminalitas, pelecehan seksual hingga pemerkosaan ketika menggunakan modal transportasi umum di Palembang bersifat nyata dan semakin meningkat. Hal ini didukung oleh kondisi sarana transportasi umum yang sangat terbatas kapasitasnya, dan belum memberikan keamanan bagi penumpang perempuan. Oleh karena itu dalam skripsi ini akan dicoba diungkapkan mengenai apakah penyebab terjadinya pelecehan seksual di transportasi umum? Dan juga apakah peran pemerintah dalam menanggulangi kasus pelecehan di transportasi umum? Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis melakukan library research dan field research sehingga dapat dikatakan skripsi ini bersifat normatif empiris. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif terhadap empat orang informan yang merupakan pengguna jasa angkutan umum bus. Penulis melakukan wawancara mendalam kepada informan untuk memperoleh data dengan didukung pengamatan langsung di lokasi penelitian. Kesimpulan yang penulis dapatkan dalam penelitian ini adalah banyaknya faktor yang menyebabkan pelecehan di angkutan umum terjadi, kurangnya perlindungan hukum terhadap pengguna angkutan umum dan juga kurangnya pengawasan terhadap angkutan umum. Hukum harus bertindak tegas dalam menangani tindak kejahatan pelecehan seksual dan pemerintah dalam menanggulangi masalah pelecehan seksual di angkutan umum, Pemerintah melakukan pengawasan menempatkan polisi khusus di titik rawan kejahatan dan, melakukan razia pada angkutan umum yang memakai kaca gelap, Pemerintah mensosialisasikan lembaga bantuan hukum untuk kasus pelecehan seksual, dan di harapkan untuk Pemerintah agar diciptakannya transportasi khusus wanita, seperti taksi khusus wanita yang sudah di terapkan di negara Malaysia. Kata Kunci : Penegakan Hukum, Kejahatan dan Transportasi Umum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr.Helwan Kastra,S.H.,M.Hum 2. HJ Kurniati,S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penegakan Hukum, Kejahatan dan Transportasi Umum
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:34
Last Modified: 21 Sep 2023 04:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26570

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.