STUDI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SAYURAN DI PASAR TRADISIONAL KOTA PALEMBANG

M. Rizky Evza Licone, NIM. 412019091 (2023) STUDI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SAYURAN DI PASAR TRADISIONAL KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412019091_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
412019091_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
412019091_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
412019091_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
412019091_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
412019091_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
412019091_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412019091_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti karakteristik konsumen sayuran di pasar tradisional Kota Palembang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian sayuran di pasar tradisional Kota Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di pasar tradisional KM 5, 26 Ilir dan Sekip Ujung, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Pada bulan Juni 2023 sampai bulan Juli 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study) untuk metode penarikan contoh menggunakan metode random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan (penyajian data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan) dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan karakteritik responden yang membeli sayuran didominasi oleh perempuan yang sudah menikah berada dalam kelompok usia (29-36 tahun), memiliki profesi sebagai ibu rumah tangga dengan tingkat pendidikan sekolah menengah atas, jumlah anggota keluarga sebanyak 4 orang, penghasilan yang dimiliki di atas Rp. 3.600.000 perbulan yang di dukung dari pekerjaan suami untuk ibu rumah tangga dan bagi responden dengan pekerjaan umum sudah memiliki penghasilan tetap dari pekerjaan mereka memiliki pengaruh pada keputusan pembelian sayuran di pasar tradisional Kota Palembang. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian di pasar tradisional maka dapat dinyatakan bahwa konsumen memperhatikan kebersihan sayuran yang dijual pada pasar tradisional, Kebersihan sayuran yang dijaga dengan baik oleh produsen atau pemasok seperti tidak adanya kotoran yang menempel di sayuran, konsumen akan beranggapan bahwa sayuran tersebut layak untuk dibeli dan dinilai baik oleh mereka. Sayuran yang segar menjadi prioritas utama konsumen saat melakukan pembelian, konsumen lebih memilih sayur segar untuk langsung dimasak dan menghemat pengeluaran lebih. Terkait harga sayuran juga menjadi alasan karena harganya yang murah dan bersaing. Kualitas sayuran bagi konsumen juga penting, Kualitas juga dilihat dari daya tahan sayuran yang baik, biasanya sayuran dapat bertahan seharian atau tidak apabila disimpan untuk dimasak lagi. Dari sisi kepuasan baik itu pelayanan maupun sayuran yang didapat, konsumen menyatakan puas dengan sayuran yang dibeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Rahmat Kurniawan, SP.,M.Si 2. Sisvaberti Afriyatna, SP.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Keputusan, Konsumen, Pasar Tradisional, Sayuran
Subjects: Agribisnis > pemasaran pertanian
Agribisnis > Holtikultura ,tanaman alkaloidal (tembakau, teh, kopi, kakao dll)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 13 Sep 2023 00:41
Last Modified: 13 Sep 2023 00:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26518

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.