PERANAN PENYULUH DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) BUNGA CITRA LESTARI DI DESA SIDO MAKMUR KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN

Agus Dwi Saputra, NIM. 412019037 (2023) PERANAN PENYULUH DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) BUNGA CITRA LESTARI DI DESA SIDO MAKMUR KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412019037_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
412019037_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019037_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019037_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019037_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019037_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019037_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019037_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK AGUS DWI SAPUTRA “Peranan Penyuluh Dalam Pengembangan Kegiatan Kelompok Wanita Tani (Kwt) Bunga Citra Lestari di Desa Sido Makmur Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin” Dibimbing Oleh RAFEAH ABUBAKAR dan HARNIATUN ISWARINI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan penyuluh dalam pengembangan Kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Citra Lestari, mempelajari hambatan yang dihadapi penyuluh pertanian dalam pengembangan kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Citra Lestari dan untuk mengetahui besar pendapatan kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Citra Lestari di Desa Sido Makmur Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode survey. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pusposive sampling. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah Editing, Coding dan Tabulating.Hasil Peneltian peranan Penyuluh Pertanian terhadap pengembangan Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Citra Lestari di Desa Sido Makmur Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin adalah dengan menjadi Motivator, Mediator, Fasilitaator dan Evaluator. Pada hambatan peran penyuluh pertanian pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Citra Lestari adalah 1.Pada edukator hambatan yang dihadapi penyuluh pertanian adalah karena masih banyaknya anggota kelompok wanita tani(KWT) Bunga Citra Lestari kurang aktif dalam mengikuti kegiatan tersebut.Pada mediator hambatan yang dihadapi penyuluh pertanian adalah kurangnuya sarana yang diberikan kepada penyuluh peranian untuk kelengkapan dalam melakukan penyuluhan pertanian. Pada hambatan penyuluh sebagai motivasi terhadap Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Citra Lestari adalah kurangnya faktor pendukung dalam memotivasi anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) yang mana anggota ingin bukti nyata terhadap apa yang telah penyuluh sampaikan kepada angota Kelompok Wanita Tani (KWT). Hal ini membuat anggota ragu untuk melakukan kegiatan pertanian. Pada hambatan evaluasi adalah kurangnya tanggapan Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Citra Lestari setelah mendapatkan penilaian dari penyuluh pertanian, hal ini dianggap tidak berpengaruh untuk melakukan perbaikan pada kegiatan selanjutnya, sehingga dalam melakukan evalauasi yang terhadap perkembangan kegaitan Kelompok wanita Tani (KWT) Bunga Citra Lestari tidak efektif. Sedangkan pendapatan pada usahatani Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Citra Lestari selama satu kali produski dari usahatani ubi, cabai dan kangkung adalah sebesar Rp 3.623.216/PP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Ir. Rafeah Abubakar, M. Si 2. Harniatun Iswarini, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penyuluh, Pengembangan dan Kelompok Wanita Tani (KWT)
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 13 Sep 2023 00:33
Last Modified: 13 Sep 2023 00:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26506

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.