STRATEGI PUBLIC RELATIONS LAZISMU PRABUMULIH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ZAKAT

Dedi Irawan, NIM. 612019003 (2023) STRATEGI PUBLIC RELATIONS LAZISMU PRABUMULIH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ZAKAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612019003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text
6102019003_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
612019003_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
612019003_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
612019003_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
612019003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
612019003_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
612019003_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Dedi Irawan, NIM 612019003, Skripsi yang berjudul “Strategi Public Relations Lazismu Prabumulih Dalam Meningkatkan Jumlah Zakat”. Skripsi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam. Program Sarjana (S1). Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP). Pembimbing I Bapak Dr. Purmansyah Ariadi, S.Ag., M.Hum dan Pembimbing II Ibu Dr. Rulitawati, S.Ag., M.Pd.I. Indonesia mempunyai banyak lembaga amil zakat, baik dari lembaga amil zakat milik nasional/pemerintah ataupun lembaga zakat milik swasta. Karena banyaknya lembaga amil zakat inilah yang menjadi sesuatu yang kompetitif bagi para pengelolanya. Hal tersebut dilakukan untuk mengambil hati para donatur agar melaksanakan kewajiban dalam mendonasikan atau menitipkan dana ZISWAF mereka di lembaga amil zakat yang bersangkutan. Untuk meningkatkan kepercayaan masayarakat, keberadaan PR pada suatu lembaga sangat dibutuhkan. Karena PR merupakan jembatan hubungan atau komunikasi antara masyarakat dengan perusahaan/lembaga, baik dalam hubungan/komunikasi internal atau eksternal. Adapun tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui strategi public relations LAZISMU Prabumulih dalam meningkatkan jumlah zakat. (2) Untuk mengetahui apa upaya yang dilakukan Lasizmu Prabumulih dalam meningkatkan jumlah zakat. (3) Untuk mengetahui problematika yang dihadapi oleh LAZISMU Prabumulih dalam meningkatkan jumlah zakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pertama, strategi public relation Lazismu untuk meningkatkan jumlah zakat yaitu dengan menggunakan media iklan sebagai media penyampaian informasi yang ada di Lazismu Prabumulih. Kedua, upaya Lazismu Prabumulih untuk meningkatkan jumlah zakat yaitu dengan menekan kan kepada Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan warga Muhammadiyah yang ada di Kota Prabumulih untuk menyalurkan zakat melalui Lazismu Prabumulih. Ketiga, Problematika yang dihadapi lazismu prabumulih untuk meningkatkan jumlah zakat ada dua faktor yaitu faktor internal, berupa kekurangan volunteer atau sukarelawan yang membuat kurang optimalnya Lazismu dalam kegiatan penggalangan maupun penyaluran dana zakat dan infaq. Faktor eksternal berupa trust issue, hal ini menyebabkan kurangnya kepercayaan muzakki terhadap Lazismu Kata Kunci: Strategi, Public Relations, Zakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Purmansyah Ariadi,S.Ag., M.Hum 2. Dr.Rulitawati,S.Ag.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi, Public Relations, Zakat
Subjects: Syariah > Ibadah > Puasa dan Zakat
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 12 Sep 2023 05:49
Last Modified: 12 Sep 2023 05:49
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26496

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.