PENYALAHGUNAAN DATA PRIBADI SEBAGAI BENTUK KEJAHATAN SEMPURNA DALAM PERSPEKTIF CYBER CRIME

M. Rizki Akbar, NIM. 502019324 (2023) PENYALAHGUNAAN DATA PRIBADI SEBAGAI BENTUK KEJAHATAN SEMPURNA DALAM PERSPEKTIF CYBER CRIME. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019324_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
502019324_BAB II.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
502019324_BAB III.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
502019324_BAB IV.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
502019324_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
502019324_LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
502019324_COVER_ SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyalahgunaan data pribadi merupakan kejahatan yang semakin meningkat dalam dunia cyber crime. Kejahatan ini terjadi ketika data pribadi seseorang digunakan tanpa izin atau tujuan yang merugikan. Pelaku cyber crime menggunakan teknologi canggih seperti malware, hacking, atau phishing untuk mendapatkan akses ke data sensitif korban. Setelah data pribadi diperoleh, pelaku dapat menggunakannya untuk kepentingan pribadi seperti pencurian identitas atau penipuan finansial. Kejahatan ini sulit dideteksi dan sulit untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab atas kejahatan tersebut karena pelaku dapat berada di berbagai negara dan menggunakan teknologi anonim. Oleh karena itu, langkah- langkah seperti meningkatkan kesadaran akan ancaman kejahatan siber, meningkatkan keamanan perangkat dan jaringan, serta mengatur kebijakan privasi yang ketat sangat penting untuk melindungi data pribadi dari penyalahgunaan. Dalam perspektif cyber crime, penyalahgunaan data pribadi merupakan kejahatan sempurna karena sulit dideteksi, memiliki dampak yang besar pada korban, dan dapat dilakukan secara anonim. Oleh karena itu, upaya untuk melindungi data pribadi harus menjadi prioritas utama dalam memerangi kejahatan siber Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap masyarakat yang data pribadinya diretas disalahgunakan, dan apa tindakan para penegak hukum dalam memberantas cyber crime. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah normatif, yang terdapat dalam kepustakaan, yang berupa peraturan perundang- undangan, jurnal, artikel, internet dan buku-buku lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING 1. Yudistira Rusydi, SH., M.Hum PEMBIMBING 2. Hasanal Mulkan, SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Cyber Crime,Data Pribadi, Keamanan.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:02
Last Modified: 11 Sep 2023 06:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26482

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.