KOMUNIKASI INTERPERSONAL USTADZ USTADZAH DALAM MENANAMKAN KEIMANAN PARA SANTRI RUMAH TAHFIDZ QAD AFLAHA KELURAHAN SUKAMULYA KECAMATAN SEMATANG BORANG PALEMBANG

Bunga Qusua, Nim. 612019019 (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL USTADZ USTADZAH DALAM MENANAMKAN KEIMANAN PARA SANTRI RUMAH TAHFIDZ QAD AFLAHA KELURAHAN SUKAMULYA KECAMATAN SEMATANG BORANG PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612019019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
612019019_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
612019019_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
612019019_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
612019019_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
612019019_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[img] Text
612019019_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
612019019_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Komunikasi Interpersonal Ustadz ustadzah dalam Menanamkan Keimanan para Santri Rumah Tahfidz Qad Aflaha Kelurahan Sukamulya Kecamatan Sematang Borang Palembang Bunga Qusua1, Ahmad Jumhan2, Yahya3 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang bungakusuabae@gmail.com ahmaddjumhan@gmail.com yahya_fai@um-palembang.ac.id ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Bagaimana Timbulnya Komunikasi Interpersonal Ustadz ustadzah dalam Menanamkan Keimanan para Santri Rumah Tahfidz Qad Aflaha Kelurahan Sukamulya Kecamatan Sematang Borang Palembang, untuk Mengetahui Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Komunikasi Interpersonal Ustadz ustadzah dalam Menanamkan Keimanan para Santri Rumah Tahfidz Qad Aflaha Kelurahan Sukamulya Kecamatan Sematang Borang Palembang dan untuk Mengetahui Bagaimana Upaya Komunikasi Interpersinal Ustadz ustadzah dalam Menanamkan Keimanan para Santri Rumah Tahfidz Qad Aflaha Kelurahan Sukamulya Kecamatan Sematang Borang Palembang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif, pengumpulan data dengan teknik penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya komunikasi antara santri kepada ustadz ustadzah sehingga dalam pembelajaran santri tidak kondusif dalam melakukan kegiatan belajar. Faktor pendukung yang terdapat dalam komunikasi interpersonal ustadz ustadzah dan santri yaitu semangat ustadz ustadzah dalam membimbing, juga keaktifan santri yang menjadi semangat bagi santri sendiri belajar, dan faktor penghambat yaitu karakteristik santri, kurangnya dukungan dari orang tua dan perbedaan usia. Upaya yang dilakukan ustadz ustadzah dalam menghadapi faktor penghambat yaitu, dengan mengetahui karakter santri, komunikasi harus lebih intens dilakukan, agar ustadz ustadzah dapat lebih mudah mempengaruhi dan menumbuhkan ilmu agama ke dalam jiwa santri, berdiskusi dan selalu memberikan informasi tentang bagaimana perkembangan santri dan mengajak orang tua santri bekerjasama, dan ustadz ustadzah melakukan komunikasi interpersonal dengan pendekatan langsung kepada santri yaitu dengan model diadik (two way communication). Dengan menggunakan beberapa metode seperti : Metode bercerita, metode bernyanyi, metode terjemah. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, ustadz, dan keimanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dr. Ahmad Jumhan, S.Ag., M.Hum 2. Yahya, Lc., M.P.I
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Ustadz, dan Keimanan
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:50
Last Modified: 11 Sep 2023 03:50
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26475

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.