PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Hema Malini, NIM. 312019003 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
Cov-1-DAPUS_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
BAB II HEMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB III HEMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV HEMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB V HEMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB VI HEMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
DAPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
LAMPIRAN BELAKANG HEMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Covdep-Lambel_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Malini. Hema 2023 Pengaruh Metode Pembelujurun Kolaboratif pada Pembelajaran Menulis Teks Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang Pembimbing 1 Drs. H. Refson, M.Pd., Pembimbing II Surismiati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Metode, Kolaboratif, Naskah Drama Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada kurikulum 2013 pembelajaran Bahasa Indonesia menginginkan siswanya untuk lebih aktif, produktif, kreatif, dan inovatif dengan menggunakan pendekatan berbasis teks. Bentuk teks yang terdapat pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu teks naskah drama. Pada umumnya dalam pembelajaran menulis Teks Naskah Drama, guru masih menggunakan metode ceramah, penggunaan metode yang kurang tepat menyebabkan siswa merasa bosan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam menulis Teks Naskah Drama adalah metode kolaboratif. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah pengaruh metode pembelajaran kolaboratif pada pembelajaran menulis Teks Naskah Drama siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kolaboratif terhadap kemampuan menulis teks naskah drama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, melalui tes, angket, dan wawancara. Peneliti menggunakan sampel bertujuan untuk purposive sample. Pengambilan perposive sample karena adanya tujuan tertentu. Berdasarkan deskripsi data tes diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks naskah drama pada tes awal siswa kelas kontrol adalah 50. Pada tes awal nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 57.41. Selanjutnya, peneliti melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kolaboratif untuk memperoleh hasil tes akhir. Pada tes akhir nilai rata-rata siswa kelas kontrol adalah 60,86. Pada tes akhir nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,10. Berdasarkan mean dan deviasi terbukti bahwa thitung lebih besar dari pada harga kritik tabel yaitu 3,24≥ 1.67 pada taraf signifikan 5% thitung lebih besar dari pada harga kritik tabel yaitu 3,24 21,67 pada taraf signifikan 5% maka dapat disimpulkan, bahwa metode pembelajaran kolaboratif lebih efektif digunakan dalam menulis teks naskah drama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. H. Refson, M.Pd. 2. Surismiati., S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode, Kolaboratif, Naskah Drama.
Subjects: Bahasa Indonesia > Drama
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Sep 2023 01:08
Last Modified: 09 Sep 2023 01:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26424

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.