PEMBERIAN REMISI BAGI NARAPIDANA YANG DIPIDANA PENJARA DIBAWAH SATU TAHUN

LEO NARDO AIVARIS, NIM. 502019036 (2023) PEMBERIAN REMISI BAGI NARAPIDANA YANG DIPIDANA PENJARA DIBAWAH SATU TAHUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
502019036_Cover sampai_lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PEMBERIAN REMISI BAGI NARAPIDANA YANG DIPIDANA PENJARA DIBAWAH SATU TAHUN LEO NARDO AIVARIS NIM. 502019036 Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana pola pembinaan terhadap narapidana yang dipidana penjara dibawah satu tahun dalam hubungannya dengan pencapaian tujuan pemidanaan dan bagaimana pelaksanaan pemberian remisi bagi narapidana yang dipidana penjara dibawah satu tahun. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pola pembinaan yang tepat bagi narapidana yang dipidana penjara dibawah satu tahun dalam rangka pembinaan dikaitkan dengan pencapaian tujuan pemidanaan dan menganalisis efektifitas pemberian remisi bagi narapidana yang dipidana penjara dibawah satu tahun dalam rangka pembinaan dan pencapaian tujuan pemidanaan. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pola pembinaan narapidana yang dipidana penjara dibawah satu tahun dibagi dalam beberapa periode dimulai semenjak tahanan/narapidana masuk ke dalam Rutan/Lapas (maximum security). Kemudian semenjak tahanan tersebut berubah menjadi narapidana (medium security) yang dilanjutkan pada tahap pembinaan lanjutan satu (minimum security) dan tahap pembinaan ianjutan kedua (integrasi). Pembinaan yang dilakukan meliputi pembinaan kepribadian dan pembinaan kepribadian dengan harapan narapidana mampu berintegrasi secara wajar di dalam kehidupan kelompok selama di dalam Lapas/Rutan dan berintegrasi dalam kehidupan yang lebih luas setelah selesai menjalani pidananya dan Pemberian remisi bagi narapidana yang dipidana penjara dibawah satu tahun hams memperhatikan efektifitas pidana penjara di Rutan/Lapas di Indonesia yang dapat ditinjau dari aspek pokok tujuan pemidanaan, yaitu aspek perlindungan masyarakat dan aspek si pelaku. Kata Kunci : Remisi, Narapidana, Satu tahun. vi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:49
Last Modified: 08 Sep 2023 02:49
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26389

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.