PEMANFAATAN LAHAN DAN CURAHAN TENAGA KERJA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) DALAM USAHATANI BAYAM UNTUK MENINGKATAKAN PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Ahmad Ahlul Laksono, NIM. 412019033 (2023) PEMANFAATAN LAHAN DAN CURAHAN TENAGA KERJA KELOMPOK WANITA TANI (KWT) DALAM USAHATANI BAYAM UNTUK MENINGKATAKAN PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412019033_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
412019033_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019033_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019033_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019033_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019033_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019033_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412019033_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan lahan dalam usahatani bayam Kelompok Wanita Tani (KWT), mengetahui berapa besar curahan tenaga kerja waktu yang diluangkan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam usahatani bayam dan berapa besar pendapatan dalam pemanfaatan lahan dan Curahan tenaga kerja Kelompok Wanita Tani (KWT) pada usahatani bayam di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyusin. Penelitian ini telah dilakukan di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyusin. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode survey. Metode penarikan contoh dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Simple Random Sampling (Acak sederhana). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah dalam melakukan proses pengolahan data yang dilakukan editing, coding dan tabulating. Hasil penelitian menunjukan sistem Pemanfaatan lahan pekarangan pada Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin adalah dengan cara pemanfaatan untuk usahatani sayur bayam, dengan melakukan persiapan lahan, Persiapan Media Tanam, Menentukan Jenis Tanaman, Tata Letak Tanaman, Pemeliharaan dan Pemanenan. Selain itu dalam melakukan kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kecamatan Sungai Lilin telah diatur pada jadwal kegiatan aktivitas Kelompok Wanita Tani (KWT). Besar curahan tenaga kerja wanita pada setiap masing-masing kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin dengan rata-rata total Hari Orang Kerja (HOK) sebesar 79,7 HOK/Lg/PP. Pendapatan adalah pemasukan bagi usahani bayam Kelopmpok Wanita Tani (KWT) di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Dari Hasil penelitian diketahui pendapatan Rata-rata uahatani bayam Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kecamtan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin adalah sebesar Rp. 1.087.391/Lg/PP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Ir. Mustopa Marli Batubara, M.P 2. MuhamadSidik, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lahan, Tenaga Kerja, Kelompok Wanita Tani, Bayam
Subjects: Agribisnis > Budidaya Tanaman
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:29
Last Modified: 07 Sep 2023 01:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26355

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.