Hubungan Riwayat Seksin Sesarea Dengan Kejadian Plasenta Previa Di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang

Tania Evita Salsabila, NIM. 702017068 (2023) Hubungan Riwayat Seksin Sesarea Dengan Kejadian Plasenta Previa Di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Skripsi thesis, University's Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017068_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017068_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
702017068_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
702017068_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
702017068_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
702017068_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
702017068_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
702017068_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Plasenta merupakan organ pendukung kehidupan janin yang berfungsi untuk memfasilitasi pertukaran nutrien, gas, dan zat toksin antara janin dan dan ibu. Posisi plasenta yang berada terlalu dekat dengan serviks hingga menutupi ostium uteri internum, baik seluruhnya, sebagian, atau posisinya yang cukup dekat dengan leher rahim disebut dengan plasenta previa. Plasenta previa dapat menyebabkan peningkatan risiko perdarahan antepartum. Di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang (RSMP), peneliti memperoleh data dari tahun 2014 kejadian plasenta previa sebanyak 62 kasus (Shindina, 2017). Mengetahui hubungan seksio sesarea dengan kejadian plasenta previa tentu mendorong penulis untuk melakukan penelitian mengenai hubungan seksio sesarea dengan kejadian plasenta previa yang ada di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang (RSMP). Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yakni Seluruh ibu hamil yang bersalin dengan seksio sesarea dan kejadian plasenta previa di Kota Palembang dan sampel nya ialah Ibu hamil yang bersalin yang bersalin secara seksio sesarea dan kejadian plasenta previadi Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik sampling yang akan digunakan pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Cara pengolahan data dengan empat tahap yaitu Editing, Coding, Processing dan Cleaning. Analisis data menggunakan analisis univariat dan Bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara riwayat seksio sesarea dengan kejadian plasenta previa di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Terdapat hubungan yang signifikan antara riwayat seksio sesarea dengan kejadian plasenta previa di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Pada analisis dijumpai nilai PR 9,524 yang artinya riwayat seksio sesarea memiliki risiko 9,524 kali mengalami kejadian plasenta previa. Kata Kunci: Operasi Sectio Caesar, Plasenta Previa, R.S Muhammadiyah Palembang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. dr. Rista Silvana, SpOG 2. dr. Miranti Dwi Hartanti, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Operasi Sectio Caesar, Plasenta Previa, R.S Muhammadiyah Palembang
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:31
Last Modified: 04 Sep 2023 04:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26291

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.