DEGRADASI TRADISI NEDOKKE 7 JANDO SEBELUM MENEMPATI RUMAH BARU PADA MASYARAKAT PALEMBANG ( STUDI PADA MASYARAKAT 13 ULU PALEMBANG)

Wili Yani, NIM. 352019003 (2023) DEGRADASI TRADISI NEDOKKE 7 JANDO SEBELUM MENEMPATI RUMAH BARU PADA MASYARAKAT PALEMBANG ( STUDI PADA MASYARAKAT 13 ULU PALEMBANG). Skripsi thesis, Universitas muhammdiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
352019003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
352019003_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
352019003_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
352019003_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
352019003_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
352019003_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
352019003_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
352019003_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Degradasi Tradisi Nedokke 7 Jando Sebelum Menempati Rumah Baru Pada Masyarakat Palembang ( Studi Pada Masyarakat 13 Ulu Palembang). Abstrak Peneliti ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis untuk mengetahui Tradisi Nedokke 7 Jando Sebelum Menempati Rumah Baru Pada Masyarakat Palembang ( Studi Pada Masyarakat 13 Ulu Palembang). Rumusan Masalah: (1) Apa yang melatar belakangi adanya tradisi Nedokke 7 Jando sebelum menempati rumah baru pada masyarakat Palembang (studi pada masyarakat 13 Ulu Palembang) ? (2) Bagaimana pelaksanan tradisi Nedokke 7 Jando sebelum menempati rumah baru pada masyarakat Palembang (studi pada masyarakat 13 Ulu Palembang) ? (3) Apa nilai-nilai filosofi yang terkandung dalam tradisi Nedokke 7 jando sebelum menempati rumah baru pada masyarakat Palembang (studi pada 13 Ulu Palembang) ? Metode yang penilis gunakan yaitu metode sejarah/historis. Jenis Penelitian yaitu diskriptif kualitatif. Penulis mengunakan Pendekatan geografis, sosiologi, antrapologi budaya, agama. Teknik Pengumpulan Data meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis data melalui reduksi data (data collection), display data (penyajian data), kesimpulan data dan verifikasi. Kesimpulan dari peneliti ini adalah (1) Latar belakangi adanya tradisi Nedokke 7 Jando sebelum menempati rumah baru pada masyarakat Palembang (studi pada masyarakat 13 Ulu Palembang) adalah keinginan untuk melestarikan tradisi yang telah dilaksanakan dari generasi-ke generasi secara turun-temurun. Selain itu juga bertujuan untuk selamatan rumah sebagai tanda syukur dengan harapan rumah akan terasa adem dan nyaman. (2) Pelaksanan tradisi Nedokke 7 Jando sebelum menempati rumah baru pada masyarakat Palembang (studi pada masyarakat 13 Ulu Palembang) adalah dilaksanakan jika ada orang Palembang asli mendirikan rumah baru, dan biasanya untuk hari yang bagus dilaksanakan mulai hari Jum’at atau malam Jum’at. Adapun syarat-syarat yang diperlukan yaitu 7 janda, tombak, kucing. Untuk pelaksanaannya tuan rumah menyiapkan alat shalat, Yasin dan Al-Quran dan perlengkapan untuk kebutuhan para janda selama 7 hari seperti beras, gula, teh, garam, bawang merah, bawang putih, cabai, ikan , sayur-sayuran, cengkeh, ladah, serai, laos dan bumbu dapur lainya serta air galon. Selanjutnya selama para janda menempati rumah tersebut mereka melakukan ibadah, membaca Al-Qur’an dan Yasin. (3) Nilai-nilai filosofi yang terkandung dalam tradisi Nedokke 7 jando sebelum menempati rumah baru pada masyarakat Palembang (studi pada 13 Ulu Palembang) yaitu nilai agama, nilai sosial dan nilai budaya. Saran bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melanjutkan penelitian mengenai tradisi-tradisi yang dilakukan masyarakat Palembang yang telah hampir punah (hilang) tradisi Nedokke 7 Jando sebelum menempati rumah baru pada masyarakat Palembang. Kata Kunci : Tradisi, Menempati Rumah Baru, Masyarakat, 13 Ulu Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Yusinta Tia Rusdiana., S. Pd., M. Pd 2. Dr.Apriana., M. Hum
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Menempati Rumah Baru, Masyarakat, 13 Ulu Palembang.
Subjects: Sejarah > Tempat-Tempat
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Sep 2023 23:59
Last Modified: 04 Sep 2023 02:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26290

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.