ABU CANGKANG SAWIT SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN CAMPURAN PEMBUATAN EKOSEMEN UNTUK MENINGKATKAN NILAI KUAT TEKAN

ANGGUN NIARY HALISYA PUTRI, NIM. 94221005 (2023) ABU CANGKANG SAWIT SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN CAMPURAN PEMBUATAN EKOSEMEN UNTUK MENINGKATKAN NILAI KUAT TEKAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
94221005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..._.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
94221005_Cover_sampai_Lampiran.....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

CANGKANG SAWIT SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN CAMPURAN PEMBUAT EKOSEMEN UNTUK MENINGKATKAN NILAI KUAT TEKAN Anggun Niary Halisya Putri, Abu Cangkang Sawit Sebagai Bahan Tambahan Campuran Pembuat Ekosemen Untuk Meningkatkan Nilai Kuat Tekan. Program Pasca Sarjana Teknik Kimia, Universitas Muhammadiyyah Palembang. Pembimbing : (1) Ir. Erna Yuliwati, M.T., Ph.D. (2) Dr. Ir. Elfidiah. M.T. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengurangi limbah Cangkang sawit agar mempunyai nilai tambah, Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik dasar limbah cangkang sawit yang akan digunakan dalam pembuatan ekosemen. Instrumen dalam pengambilan data mencakup dokumentasi, angket, serta pengamatan langsung lalu melaksanakan studi literatur, tahap persiapan, tahap pre-treatment, tahap pembuatan ekosemen, dan tahap analisa.Hasil penelitian yang diperoleh ialah mampu mengurangi pasokan limbah sampah organik namun substitusi cangkang sawit dalam pembuatan ekosemen dirasa belum sepenuhnya memenuhi standar efektifitas semen. Pengujian dilakukan untuk mengetahui ekosemen, berat isi semen, nilai kuat tekan semen, dan nilai modulus elastisitas semen dengan penambahan abu cangkang sawit. Perhitungan perencanaan campuran semen menggunakan aturan perhitungan campuran beton normal (SNI 15-2049-2004). yaitu untuk waktu ikat awal min. 45 menit dan waktu ikat akhir maks. 375 menit. Hasil terbaik terdapat pada variabel 20% cangkang sawit dan 80% batu kapur (blanko), dengan kandungan mineral utama C3S 67,27%; C2S 4,95%; C3A 5,29% dan C4AF 8,9%. Hasil pengujian menunjukkan hasil pada ekosemen dengan substitusi, 40%, 60% dan 100% cangkang sawit yang telah dibuat tidak lebih baik dari blanko (20% cangkang sawit), hal ini mengidentifikasikan bahwa substitusi cangkang sawit dalam pembuatan ekosemen dirasa belum sepenuhnya memenuhi standar efektifitas semen. Kata Kunci : Abu Cangkang Sawit, Ekosemen, Limbah Organik, dan Daur Ulang, kuat tekan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Abu Cangkang Sawit, Ekosemen, Limbah Organik, dan Daur Ulang, kuat tekan.
Subjects: Kimia > Teknologi Kimia
Divisions: PPS Teknik Kimia (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 02 Sep 2023 06:31
Last Modified: 02 Sep 2023 06:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26278

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.