OPTIMALISASI SEMEN KUAT TEKAN BETON DENGAN MEMANFAATKAN ALUMINASILIKA SEBAGAI BAHAN ADITIF SEMEN

INGGRA, NIM. 94221006 (2023) OPTIMALISASI SEMEN KUAT TEKAN BETON DENGAN MEMANFAATKAN ALUMINASILIKA SEBAGAI BAHAN ADITIF SEMEN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
94221006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
94221006_Cover_sampai_Lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

’Optimalisasi Semen Kuat Tekan Beton dengan Memanfaatkan Alumina Silika sebagai Bahan ADITIFSemen" Inggra,2023. Optimalisasi semen kuat tekan beton dengan memanfaatkan alumina silika sebagai bahan ADITIF semen, Tesis,Program Pasca Sarjana Teknik Kimia,UniversitasMuhammadiyahPalembang.Pembimbing(1)Dr.Ir.Elfidiah,M.T,. Pembimbing (II)Dr.Mardwita.S.T,.M.T. ABSTRAK Semen merupakan bahan dasar utama konstruksi bangunan. Hal ini menjadikan semen merupakan komoditi yang strategis. Portland CompositeCement (PCC) merupakan jenis semen varian baru yang mempunyai sifat dan karakteristik hampir sama dengan semen portland. Namun semen jenis PCC ini mempunyai kualitas yang lebih baik, ramah lingkungan, dan harga yang lebih ekonomis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan alumina silika dengan berbagai variasi terhadap kuat tekan dan menentukan massa alumina silika yang dapat memberikan kuat tekan maksimum pada semen portland komposit. Variasi Alumina Silika yang ditambakan adalah 0%,5%,10%,15%,20%, dan 25%. Pengaruh penambahan alumina silika dapat diketahui dari hasil uji kuat tekan beton. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan alumina silika kurang atau sama dengan 10% akan menghasilkan mutu yang baik dari segi kelecekkan (slump test) dan hasil kuat tekan beton yang labih besar dari pada beton tanpa campuran alumina silika. Sedangkan untuk variasi campuran beton dengan aluminas silika melebih 10% berat semen, maka akan menghasilkan kelecekkan beton diatas ketentuan, selain itu campuran dengan variasi alumina silika melebihi 10% mempengaruhi pegurangan berat sampel uji beton, hal ini diakibatkan oleh gelembung udara yang membentuk rongga-ronga sebagai reaksi kimia alumina silika pada adukan campuran beton sehingga menghasilkan kuat tekan beton yang rendah. Kata kunci:semen, semen Portland komposit, alumina silika, kuat tekan, aditif, clinker

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: semen, semen Portland komposit, alumina silika, kuat tekan, aditif, clinker
Subjects: Kimia > Teknologi Kimia
Divisions: PPS Teknik Kimia (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 02 Sep 2023 06:27
Last Modified: 02 Sep 2023 06:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26276

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.