PENERAPAN ASAS-ASAS PEMERIKSAAN TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA OLEH PENGADILAN NEGERI KLAS I A PALEMBANG

ADJIE REZA PRADANA, NIM. 502019234 (2023) PENERAPAN ASAS-ASAS PEMERIKSAAN TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA OLEH PENGADILAN NEGERI KLAS I A PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502019234_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502019234_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
502019234_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
502019234_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
502019234_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
502019234_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502019234_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN ASAS-ASAS PEMERIKSAAN TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA OLEH PENGADILAN NEGERI KLAS I A PALEMBANG ADJIE REZA PRADANA Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalahBagaimana penerapan asasasas pemeriksaan terhadap anak melakukan tindak pidana oleh Pengadilan Negeri Kelas I A Palembang ?danApakah akibat hukum pelanggaran asas dalam pemeriksaan anak yang melakukan tindak pidana ?. Jenis penelitian hukum ini adalah “penelitian hukum sosiologis yang dimaksudkan objek kerjanya meliputi data-data sekunder yang ada diperpustakaan. Tipe penelitian ini adalah bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan. Berdasarkanpenelitiandanhasilpembahasan, dapat disimpulkan bahwa :Penerapan asas-asas pemeriksaan terhadap anak melakukan tindak pidana oleh Pengadilan Negeri Kelas I A Palembang, telah diterapkan sebagaimana ketentuan dalam Pasal 22 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, yaitu : Asas perlindungan, Asas keadilan,. Asas nondiskriminasi, Asas kepentingan terbaik bagi anak,. Asas penghargaan terhadap pendapat anak,. Asas kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak, Asas pembinaan dan pembimbingan anak, Asas proporsional, Asas perampasan kemerdekaan dan pemidanaan sebagai upaya terakhir, Asas penghindaran pembalasan.danAkibat hukum pelanggaran asas dalam pemeriksaan anak yang melakukan tindak pidana, berakibat putusan Majelis Hakim batal demi hokum, karena tidak sejalan denganSistemPeradilanpidana yang memiliki tujuan, yaitu untuk melindungi masyarakat dan menegakanhukum, guna Mencegahkejahatan; Menindakpelakutindakpidanadenganmemberikanpengertianterhadappelakutindak pidanadimanapencegahan tidak efektif; Peninjauanulangterhadaplegalitasukuranpencegahandanpenindakan; Putusanpengadilanuntukmenentukanbersalahatautidakbersalahterhadaporangyang ditahan;Disposisiyangsesuaiterhadapseseorang yangdinyatakanbersalah; Lembagakoreksiolehalatalatnegarayangdisetujuiolehmasyarakatterhadapperilakumerekayangmelanggar hukumpidana. Kata Kunci :Asas-asas, Anak, TindakPidana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi I : Dr. Mulyadi Tanzili, SH., MH. Pembimbing Skripsi II : Eni Suarti, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Asas-asas, Anak, TindakPidana
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 26 Aug 2023 02:34
Last Modified: 26 Aug 2023 02:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26204

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.