DISKRIMINASI TOKOH TUNAGRAHITA FILM MIRACLE IN CELL NUMBER 7 (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Syafira Wulandari, NIM. 312019014 (2023) DISKRIMINASI TOKOH TUNAGRAHITA FILM MIRACLE IN CELL NUMBER 7 (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312019014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312019014_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
312019014_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
312019014_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312019014_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
312019014_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
312019014_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
312019014_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
312019014_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Wulandari, Syafira. 2023. Diskriminasi Tokoh Tunagrahita Film Miracle In Cell Number 7 (Kajian Sosiologi Sastra) dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran BahasaIndonesia di SMP, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana(S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I). Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd., dan Pembimbing (II). Dr. H. Haryadi, M.Pd. Kata kunci : Diskriminasi, Tunagrahita, Film, Sosiologi Sastra, Implikasi. Penelitian ini dilatarbelakangiadanya tindak diskriminasi pada tokoh tunagrahita dalam film Miracle In Cell Number 7 versi Indonesia karya Hanung Bramantyo dan untuk menambah pemahaman masyarakat terhadap bentuk-bentuk diskriminasi pada seorang tunagrahita supaya dapat lebih menghargai sesama manusia. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk diskriminasi tokoh tunagrahita dalam film Miracle In Cell Number 7 versi di Indonesia, dan bagaimana cara mengimplikasikan film Miracle In Cell Number 7 versi Indonesia dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bentuk diskriminasi tokoh tunagrahita dalam film Miracle In Cell Number 7 versi di Indonesia, dan mengimplikasikan film Miracle In Cell Number 7 versi di Indonesia dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu film Miracle In Cell Number 7 karya Hanung Bramantyo yang berdurasi 2 jam 25 menit (145 menit). Peneliti menganalisis data dengan menonton film Miracle In Cell Number 7 karya Hanung Bramantyo secara keseluruhan untuk memperoleh pemahaman awal, mengidentifikasi film untuk memperoleh informasi, membuat sinopsis film berdasarkan hasil menonton film, menganalisis bentuk-bentuk diskriminasi yang terdapat dalam film. Hasil analisis ini membuktikan bahwa dalam film Miracle In Cell Number 7 versi Indonesia karya Hanung Bramantyo terdapat bentuk-bentuk diskriminasi, yaitu: 1) Diskriminasi dalam bidang hukum yang terdiri dari diskriminasi main hakim sendiri dalam bidang hukum, diskriminasi sewenang-wenang dalam mengambil keputusan, dan diskriminasi penerimaan suap penegak hukum. 2) Diskriminasi dalam bidang masyarakat yaitu diskriminasi status sosial dalam masyarakat. Implikasi hasil penelitian dalam film Miracle In Cell Number 7 versi Indonesia dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII semester genap dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.15 dan 4.15.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd 2. Dr. H. Haryadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Diskriminasi, Tunagrahita, Film, Sosiologi Sastra, Implikasi.
Subjects: Bahasa Indonesia > Drama
Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:12
Last Modified: 24 Aug 2023 07:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26199

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.