PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG HAK CIPTA KARYA MUSIK TERKAIT DENGAN PEMENUHAN HAK EKONOMI BERUPA ROYALTI

HENDRA YULIANTO, NIM. 502019248 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMEGANG HAK CIPTA KARYA MUSIK TERKAIT DENGAN PEMENUHAN HAK EKONOMI BERUPA ROYALTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502019248_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502019248_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
502019248_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
502019248_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
502019248_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
502019248_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502019248_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hak cipta merupakan benda bergerak tidak berwujud yang mengandung nilai ekonomis di dalamnya yang berasal dari kemampuan daya pikir dan kreativitas manusia. Hak cipta timbul secara otomatis setelah pencipta mewujudkan idenya ke dalam bentuk yang nyata sehingga ciptaan tersebut akan mendapatkan perlindungan hukum tanpa harus dicatatkan. Permasalahan yang sering terjadi saat ini adalah adanya pihak lain yang menggunakan ciptaan tersebut dengan tanpa hak dan tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta sehingga dapat menyebabkan kerugian bagi pencipta atau pemegang hak cipta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap pemegang hak cipta apabila ada pengguna yang tanpa izin menggunakan untuk kepentingan komersial dan tidak membayar royalti serta bagaimana akibat hukumnya apabila pengguna tersebut tidak memenuhi hak ekonomi pemegang hak cipta berupa royalti. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif yang difokuskan untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau norma-norma dalam hukum positif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan tujuan untuk memperoleh data dengan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis logika deduktif yang dilengkapi dengan metode analisis normatif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk perlindungan hukum terhadap pemegang hak cipta adalah dipenuhinya hak ekonomi pemegang hak cipta berupa royalti dan adanya hukuman pidana bagi pengguna yang dengan tanpa hak dan tanpa izin menggunakan ciptaan tersebut untuk tujuan komersial serta pencatatan ciptaan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia agar mendapatkan perlindungan hukum dalam hal terjadi sengketa hak cipta. Akibat hukum bagi pengguna yang tidak memenuhi hak ekonomi pemegang hak cipta berupa royalti adalah pembayaran royalti sebagai pemenuhan hak ekonomi pemegang hak cipta dikenakan pidana penjara atau denda pidana seperti yang tercantum pada Pasal 113 ayat (1) sampai ayat (4) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Hak Cipta, Hak Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi I : Dr. Nur Husni Emilson, SH., Sp.N., MH. Pembimbing Skripsi II : Hj. Kurniati, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Hak Cipta, Hak Ekonomi
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 Aug 2023 05:07
Last Modified: 24 Aug 2023 05:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26194

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.