REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM FILM PENYALIN CAHAYA KARYA WREGAS BHANUTEJA DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Dwi Sinta, NIM. 312019006 (2023) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM FILM PENYALIN CAHAYA KARYA WREGAS BHANUTEJA DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312019006_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
312019006_BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
312019006_BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
312019006_BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
312019006_BAB V PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
312019006_BAB VI PENUTUP .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
312019006_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
312019006_Skripsi .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sinta, Dwi. 2023. Representasi Perempuan dalam Film Penyalin Cahaya karya Wregas Bhanuteja dan implementasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing; (1) Dr. Houtman, M.Pd. (II) Dra. Hj, Sri Parwanti, M.Pd. Kata kunci: Representasi, Perempuan, Film Film yang berjudul Penyalin Cahaya yang diterbitkan pada tahun 2022 ini merupakan film karya sutradara bernama Wregas Bhanuteja. Film ini dibuat berdasarkan issue yang terjadi pada masa kini terkait dengan pecehan seksual. Penggambaran perempuan yang sering kali diulas dan dikaitkan dalam berbagai hal membuat peneliti tertarik untuk mengaitkannya dengan representasi perempuan. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana representasi perempuan dalam film Penyalin Cahaya? dan bagaimana implementasi film Penyalin Cahaya karya Wregas Bhanuteja terhadap pembelajaran sastra Indonesia di SMP?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan representasi perempuan yang ditunjukkan dalam film Penyalin Cahaya Karya Wregas Bhanuteja serta mendeskripsikan implementasi film Penyalin Cahaya Karya Wregas Bhanuteja terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan feminisme yang bermaksud untuk menelaah hal-hal yang berhubungan dengan gender, terutama peran dan ketidakadilan pada perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan studi pustaka, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis karya dengan membaca, Mengklasifikasikan, dan membuat kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan peneliti menemukan 13 data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara keseluruhan peranan tokoh perempuan dalam film Penyalin Cahaya karya Wregas Bhanuteja, yaitu terdapat Peranan perempuan sebagai orang tua/ibu, Peranan perempuan sebagai istri, Peranan perempuan sebagai anggota keluarga/anak. Secara keseluruhan dalam film ini terdapat aspek ketidakadilan gender dalam Penyalin Cahaya karya Wregas Bhanuteja yaitu Ketidakadilan Gender dalam Eksploitasi pada Perempuan, ketidakadilan subordinasi pada perempuan, ketidakadilan setereotipe pada perempuan, dan ketidakadilan gender dan beban kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Houtman, M. Pd. 2. Dra. Hj. Sri parwanti, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Representasi, Perempuan, Film
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:29
Last Modified: 22 Aug 2023 03:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26177

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.