Strategi Komunikasi Dai Tentang Bahaya Game Online Mobile Legends Bagi Remaja Di Desa Muara Kumbang Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir

Oki Indriani, NIM. 612019001 (2023) Strategi Komunikasi Dai Tentang Bahaya Game Online Mobile Legends Bagi Remaja Di Desa Muara Kumbang Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612019001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
612019001_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
612019001_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
612019001_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
612019001_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
612019001_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
612019001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
612019001_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Oki Indriani, 612019001, 2023. Strategi Komunikasi Dai Tentang Bahaya Game Online Mobile Legends Bagi Remaja Di Desa Muara Kumbang Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir. Skripsi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Da’i Tentang Bahaya Game Online Mobile Legend Bagi Remaja Di Desa Muara Kumbang Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir” ini dilatarbelakangi dengan perkembangan teknologi komunikasi yang mengalami kemajuan pesat, salah satunya yaitu permainan game online mobile legends. Permainan tersebut merupakan permainan yang dimainkan secara online sehingga terhubung langsung dengan jaringan internet. Para pemain game online mobile legends mempunyai kecenderungan menghabiskan waktu untuk bermain yang dapat mengakibatkan resiko kecanduan. Aktivitas bermain yang berlebihan akan dapat menjauhkan seseorang dari aktivitas lain dan lingkungan disekitar. Terdapat fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini yaitu : Apa saja bahaya yang terjadi pada remaja apabila sering bermain game online mobile legends dalam kehidupan sehari-hari dan Bagaimana upaya yang tepat untuk mengatasi bahaya dari game online mobile legends bagi remaja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bahaya penggunaan game online mobile legends terhadap perilaku remaja. Hasil penelitian ini menunjukan adanya bahaya penggunaan game online mobile legends terhadap remaja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mendeskripsikan semua hasil dokumentasi dan wawancara terhadap subjek penelitian, kemudian mengobservasi hal-hal yang terjadi di tempat penelitian yang bertujuan untuk mengungkap fakta, keadaan, dan fenomena yang terjadi saat berjalannya penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa game online mobile legends memiliki dampak positif bagi remaja seperti membantu bersosialisasi dan mampu bekerja sama. Sedangkan dampak negatifnya yaitu, kecanduan, berbicara kasar dan kotor, menjadi pembangkang, berselisih atau bertengkar dan mengganggu orang lain. Agar tidak fokus pada game online mobile legends saja, oleh karena itu peranan Da’i sangat diperlukan dalam mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan cara melakukan pendekatan secara personal terhadap remaja, kemudian melakukan pengarahan nasehat-nasehat baik, dengan cara mengaktifkan kembali aktifitas-aktifitas positif seperti belajar mengaji bersama, aktif dalam kegiatan remaja masjid, belajar ilmu agama bersama para Da’i kemudian mengerjakan sholat lima waktu di masjid secara berjamaah. Kata kunci : Game online, Mobile Legend, Strategi Komuniksasi, Da’i.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Idmar Wijaya, S.Ag.M.Hum 2. Dra. Yuslaini, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Game online, Mobile Legend, Strategi Komuniksasi, Da’i.
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:16
Last Modified: 14 Aug 2023 06:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26137

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.