ANALISIS YURIDIS MODUS PENIPUAN UANG DI BANK MELALUI JARINGAN ALAT KOMUNIKASI (HP DAN INTERNET)

MUHAMMAD ARSYI ANDIKA, NIM. 502020050.P (2023) ANALISIS YURIDIS MODUS PENIPUAN UANG DI BANK MELALUI JARINGAN ALAT KOMUNIKASI (HP DAN INTERNET). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502020050P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text
502020050P_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
502020050P_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
502020050P_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
502020050P_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
502020050P_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502020050P_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Munculnya beberapa kasus "CyberCrime" di Indonesia, seperti pencurian kartu kredit, hacking beberapa situs, menyadap transmisi data orang lain, misalnya email, dan memanipulasi data dengan cara menyiapkan perintah yang tidak dikehendaki ke dalam program komputer. Sehingga dalam kejahatan komputer dimungkinkan adanya delik formil dan delik materil. Delik formil adalah perbuatan seseorang yang memasuki komputer orang lain tanpa ijin, sedangkan delik materil adalah perbuatan yang menimbulkan akibat kerugian bagi orang lain. Adanya CyberCrime telah menjadi ancaman stabilitas, sehingga pemerintah sulit mengimbangi teknik kejahatan yang dilakukan dengan teknologi komputer, khususnya jaringan internet dan intranet. Berdasarkan latar belakang tersebut maka pokok permasalahan yang dibahas dalam tesis ini adalah : Bagaimanakah modus penipuan uang di bank melalui jaringan alat komunikasi (HP dan Internet)? dan Bagaimana penanggulangan kejahatan penipuan uang di bank melalui jaringan alat komunikasi (HP dan Internet). Pendekatan. yang digunakan di dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif terutama ditujukan untuk mengkaji dan menguji aspek-aspek hukum, yang berkaitan dengan penipuan uang di bank melalui jaringan alat komunikasi (HP dan Internet) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1). Modus penipuan uang di bank melalui jaringan alat komunikasi (HP dan Internet) antara lain dengan menggunakan kartu kredit bajakan (carding) dan melalui SMS atau telepon dengan cara seolah-olah calon korban mendapatkan hadiah baik berupa uang maupun kendaraan bermotor dari sponsor. Sedangkan melalui internet dengan modus menawarkan sebagai berikut : Program Pay To, Penyedia layanan email palsu, Undian berhadiah, Bisnis palsu, Email berantai, Pencucian uang. Phising, dan Email palsu. Kejahatan cybercrime ini, termasuk dalam katagori perbuatan pencurian dan penipuan ini dalam KUHP diatur dalam Pasal 362 dan 378 KUHP; 2). Penanggulangan kejahatan penipuan uang di bank melalui jaringan alat komunikasi (HP dan Internet), penanggulangannya dengan menerapkan sanksi yang tegas terhadap ketentuan yang diatur dalam perundang-undangan yang berkaitan dengan cybercrime berikut : Kitab Undang Undang Hukum Pidana; Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Internet & Transaksi Elektronik; Undang-Undang No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.; Undang-Undang No 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi; Undang-Undang No. 25 Tahun 2003 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M. Soleh Idrus, SH., MS 2. Heni Marlina, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Penipuan, Bank, Alat Komunikasi
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 08 Aug 2023 05:49
Last Modified: 08 Aug 2023 05:49
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26110

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.