Analisis Penggunaan Prinsip Kerja Sama dan Tindak Tutur pada Tuturan Guru dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah 1 Palembang

WIDIA OKTANIA, NIM. 312019022 (2023) Analisis Penggunaan Prinsip Kerja Sama dan Tindak Tutur pada Tuturan Guru dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312019022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[img] Text
312019022_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
312019022_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
312019022_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
312019022_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
312019022_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
312019022_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
312019022_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Widia Oktania, 2023. Analisis Penggunaan Prinsip Kerja Sama dan Tindak Tutur pada tuturan Guru dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program strata satu (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Drs. H. Refson, M.Pd. (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: prinsip kerja sama, tindak tutur. Bahasa merupakan alat komunikasi yang efektif antar manusia. Dalam berkomunikasi terdapat kaidah-kaidah yang mengatur tindakan, penggunaan bahasa, dan interprestasi tuturan terhadap tindakan dan ucapan lawan tutur. Bahasa selain dapat ditemukan dalam sebuah karya, juga dapat ditemukan pada tuturan antara Guru dan Peserta Didik, dalam proses pembelajaran di kelas. Prinsip kerja sama merupakan prinsip atau aturan yang harus dilakukan penutur dan lawan tutur agar proses komunikasi berjalan dapat lancar. Tindak tutur merupakan kegiatan seseorang yang menggunakan bahasa kepada lawan tutur untuk mengkomunikasikan sesuatu. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan prinsip kerja sama dan tindak tutur pada tuturan guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan prinsip kerja sama dan tindak tutur pada tuturan guru dan peserta didik dalam pembelaran bahasa Indonesia khususnya di kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan seobjektif mungkin dengan dengan semata-mata berdasarkan fakta yang ada. Berdasarkan hasil penelitian analisis data prinsip kerja sama terdapat 19 maksim, yaitu: maksim kuantitas ada 4 dialog, maksim kualitas ada 8 dialog, maksim relevansi ada 6 dialog, dan maksim pelaksanaan ada 1 dialog. Serta di temukan juga tindak tutur lokusi ada 9 dialog, tindak tutur ilokusi ada 7 dialog dan tindak tutur perlokusi ada 14 dialog. Simpulan dari penelitian ini bahwa Guru dan Peserta Didik di kelas X 6 dan X Olimpiade lebih dominan menggunakan maksim kualitas tindak tutur perlokusi selama berinteraksi, Maka dari itu peneliti memberikan saran pada guru untuk menekankan penggunaan prinsip kerja sama dan tindak tutur harus terjalin antara penutur dan mitra tutur agar tuturannya relevan dengan konteks, jelas, padat, ringkas, dan mudah dipahami agar mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. Refson, M.Pd 2. Supriatini, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: prinsip kerja sama, tindak tutur.
Subjects: Bahasa Indonesia > Semantik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Aug 2023 05:50
Last Modified: 07 Aug 2023 05:50
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26105

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.