PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP GURU YANG MENJADI KORBAN KEKERASAN OLEH SISWA DI SEKOLAH

MEISYA RAHMADIANI, NIM. 502018354 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP GURU YANG MENJADI KORBAN KEKERASAN OLEH SISWA DI SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018354_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018354_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] Text
502018354_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
502018354_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
502018354_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
502018354_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018354_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP GURU YANG MENJADI KORBAN KEKERASAN OLEH SISWA DISEKOLAH Guru adalah profesi yang mulia dan penuh dengan pengabdian. Meskipun di masyarakat telah tumbuh penghargaan dan penghormatan kepada Guru, untuk memastikan agar para guru benar benar terjamin keselamatannya dalam menjalankan pengabdiaannya maka yang dibutuhkan adalah adalah kepastian hukum dan kesadaran masyarakat. Metode penelitian adalah dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif dimana menggunakan data yang bersifat deskritif yang menggambarkan dan menguraikan secara sistematis. Adapun sumber data diperoleh dari data primer, sekunder dan tersier dengan cara menganalisa data secara kualitatif agar dapat memberikan penjelasan mengenai data yang berkenaan dengan penulisan skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru dan siswa bisa saja melakukan pelanggaran hukum, Jika memang benar melakukan tindakan kriminal harus sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Simpulan, Perlindungan Hukum Terhadap Guru Yang Menjadi Korban Kekerasan Di Sekolah yaitu terhadap a. tindak kekerasan; h. ancaman; c. perilaku; d. diskriminatif; e. intimidasi atau perlakuan tidak adil dari pihak peserta didik ; f.orang tua peserta didik, g.nasyarakat dan birokrasi atau pihak lain. Dan Tindakan Hukum Bagi Siswa Yang Melakukan Kekerasan Terhadap Guru Di Sekolah berupa tindakan yang dapat dikenakan kepada anak yaitu : 1) Sanksi tindakan yang dapat dikenakan kepada anak meliputi : a. Pengembalian kepada orang tua/wali; b.Penyerahan kepada seseorang; c. Perawatan di rumah sakit jiwa; d. Perawatan di LPKS ; e. Kewajiban mengikuti pendidikan formal dan / atau pelatihan yang diadakan oleh pemerintah atau badan swasta; f. Pencabutan surat ijin mengemudi; dan / atau g. Perbaikan akibat tindak pidana. 2) Sanksi pidana yaitu a. Pidana peringatan; b. Pidana dengan syarat, yang terdiri atas; pembinaan diluar lembaga, pelayanan masyarakat, atau pengawasan; c. Pelatihan masyarakat, atau pengawasan; d. Pelatihan kerja ; e. Pembinaan dalam lembaga, f. Penjara dan 3). Pidana tambahan terdiri dari : a. Perampasan keuntungan yang diperoleh dari tindak pidana; atau b. Pemenuhan kewajiban adat. Rekomendasi, sebaiknya Guru harus lebih memahami Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen yang terdapat perlindungan hukum terhadap Guru, sebenarnya sudah dengan jelas mengatur perlindungan bagi Guru serta pelaksanaannya tergantung kepada Political will dari pemerintah, pengelola satuan pendidikan, dan semangat dari Guru itu sendiri dan Oleh karena itu diperlukan tindakan tegas oleh pihak sekolah atau pihak yang berwajib dalam menangani tindak kekerasan oleh siswa terhadap gurunya. Kata kunci : Perlindungan Hukum, Korban dan kekerasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi I : Dr, H. Erli Salia, SH.,MH. Pembimbing Skripsi II : HJ. Susiana Kifli, SH.,MH.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Korban dan kekerasan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 Aug 2023 05:43
Last Modified: 03 Aug 2023 05:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26097

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.