perlindungan konsumen atas pemakaian skincare palsu yang beredar di situs penjualan online

M Rivqy Alfarizi, NIM. 502019344 (2023) perlindungan konsumen atas pemakaian skincare palsu yang beredar di situs penjualan online. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019344_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502019344_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
502019344_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
502019344_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
502019344_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
502019344_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
502019344_Cover_sampai_lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberikan perlindungan kepada konsumen. Tujuan dalam penelitian ini: 1) Untuk mengetahui dan memahami perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pembelian produk skincare palsu yang diperoleh melalui marketplace situs penjualan online. 2) Untuk mengetahui dan mengembangkan pemahaman mengenai pertanggung jawaban yang dilakukan oleh situs penjualan online terhadap kerugian yang dialami oleh konsumen terkait produk skincare palsu yang diperoleh melalui marketplace situs penjualan online. Untuk menjawab permasalahan dan tujuan penelitian, digunakan metode pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi berupa deskriptif analistis. Sumber data terdiri dari data primer, data sekunder berupa bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Kemudian data seluruhnya dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlindungan konsumen terhadap pembelian produk skincare palsu melalui marketplace situs penjualan online: Pertama, perlindungan hukum yang diberikan oleh situs penjualan online kepada konsumen berupa barang tidak sesuai, serta penyelesaian sengketa perlindungan konsumen. Kedua, ganti kerugian yang dialami oleh konsumen sepenuhnya merupakan tanggung jawab dari penjual yang membuka toko di website situs penjualan online, sebagai penyedia website hanya menyediakan fitur refund, return, dan reshipment sebagai perantara pembeli dan penjual. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Produk Skincare Palsu, Situs Penjualan Online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:37
Last Modified: 29 Jul 2023 03:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26080

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.