NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL TITIP RINDU KE TANAH SUCI KARYA AGUK IRAWAN

ANA SAFITRI, NIM. 312019013 (2023) NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL TITIP RINDU KE TANAH SUCI KARYA AGUK IRAWAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB II ana revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
BAB III ( revisi ana).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB IV Ana Safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
BAB V Ana Safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] Text
BAB VI ANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
lampiran ana safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
SCAN SKRIPSI Ana safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
312019013_anasafitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)

Abstract

ABSTRAK Safitri, Ana. 2023. Nilai Religius dalam Novel Titip Rindu ke Tanah Suci karya Aguk Irawan (Kajian Sosiologi). Skripsi, Program Studi Pndidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing (1) Drs. H. Refson, M.Pd., (II) Drs. Danto, M.Pd. Kata Kunci : Nilai Religius, Novel Penelitian ini memuat rumusan masalah apa saja nilai religius yang terdapat dalam Novel Titip Rindu ke Tanah Suci karya Aguk Irawan? Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan apa saja nilai religius yang terdapat dalam Novel Titip Rindu ke Tanah Suci karya Aguk Irawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini novel. Hasil dari penelitian nilai-nilai religius yang terdapat dalam Novel Titip Rindu ke Tanah Suci karya Aguk Irawan, yaitu 1) Hubungan Manusia dengan Tuhan terdiri dari : a) akidah keimanan (Iman kepada Allah, Iman kepada kitab Allah, Iman kepada hari akhir), b) Ibadah : (Perintah mengerjakan shalat, Berdzikir kepada Allah, berdoa kepada Allah), 2) Hubungan Manusia dengan Alam terdiri dari : mengagumi keindahan alam,3) Hubungan Manusia dengan Manusia terdiri dari : sikap saling menghormati, jujur, tolong menolong, patuh kepada orang tua dan berdiskusi (musyawarah), 4) Hubungan Manusia dengan Dirinya yang meliputi menentukan sikap/tanggung jawab, sabar, optimis (tidak putus asa), dan bersyukur. Novel tersebut sangat cocok untuk di baca karena mempunyai nilai religius yang tinggi yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Saran peneliti yaitu bagi pendidik harus lebih teliti dalam memilih novel sebab isi novel merupakan manifestasi dari kematangan berfikir dari seorang pengarang bagi peminat sastra umumnya, disarankan memilih dan membaca novel karya Aguk Irawan karena bahasa dan cerita yang disuguhkan mudah dimengerti, ceritanya menarik untuk dibaca, dan terdapat cerita-cerita yang mendidik khususnya dalam Novel Titip Rindu ke Tanah Suci yang memberikan nilai-nilai keagamaan/religius

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing ; 1. Drs. H. Refson, M.Pd. 2. Drs. Danto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: NIlAI RELIGIUS, NOVEL
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 29 Jul 2023 03:22
Last Modified: 29 Jul 2023 05:49
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26079

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.