Rasialisme Konflik sosial dalam Film Ivanna karya Risa Saraswati

Khusniyah, NIM. 312019027 (2023) Rasialisme Konflik sosial dalam Film Ivanna karya Risa Saraswati. Skripsi thesis, Universitas Muhamadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB_IV_HASIL_PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
BAB_V_PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB_VI_penutup.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
lampiran skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
fiks skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Khusniyah. 2023. Rasialisme Konflik Sosial dalam Film Ivanna Karya Risa Saraswati. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing : (1) Dra. Hj. Listini, M.Pd, Pembimbing : (II) Dra. Hj. Sri Parwanti. M.Pd. Kata kunci: konflik sosial, film. Rasialisme adalah masalah rasial yang mendarah daging di tengah kehidupan masyarakat multikultur di berbagai belahan dunia. Rasialisme berkembang pesat di suatu negara seiring berkembangnya teknologi dan perdagangan yang mengakibatkan tingkat kemajemukan dalam negara tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskritip kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Ivanna karya Risa Saraswati Sutradara Kimo Stamboel yang berdurasi 1 jam 42 menit 44 detik. Masalah dalam penelitian ini adalah Konflik sosial apa saja yang digambarkan dalam struktur dan faktor apa saja yang mempengaruhi konflik sosial dalam film Ivanna karya Risa Saraswati. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan struktur dan faktor apa saja yang mempengaruhi konflik sosial dalam film Ivanna karya Risa Saraswati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Hasil penelitian dalam film Ivanna karya Risa Saraswati terdapat rasialisme yang menjangkiti suatu negara multikultur memang membawa dampak yang sangat buruk seperti tingginya harga kriminalitas, bentrokan-bentrokan, prasangka antar golongan ras dan ketidaknyamanan dalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan peneliti dengan malakukan langkah-langkah dalam penelitian, peneliti menemukan 18 data konflik sosial dalam filim Ivanna karya Risa Saraswati yang terdiri dari konflik emosi, konflik marah, dan konflik agresi. Konflik Sosial yang digambarkan Dalam Struktur Film Ivanna Karya Risa Saraswati diantaranya (1) Alur, (2) Latar, (3) Tokoh dan Penokohan, (4) Sudut Pandang. Sedangkan Faktor-faktor yang mempengaruhi konflik diantaranya (1) Emosi, (2) Marah dan (3) Agresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Listini. M, Pd 2. Dra. Hj. Sri Parwanti. M, Pd
Uncontrolled Keywords: Konflik sosial, Film
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:33
Last Modified: 21 Aug 2023 05:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26075

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.