PERANAN PERSEROAN TERBATAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI COPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

EMILIA, NIM. 9214017 (2016) PERANAN PERSEROAN TERBATAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI COPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
EMILIA_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Tesis..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perseroan Tebatas harus mempunyai tanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat di sekitarnya atau yang dikenal dengan Coporate Social Responsibility, tanggung jawab terhadap permasalahan lingkungan dan bertanggungjawab terhadap permasalahan sosial sekaligus berperan meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: bagaimana peranan Perseroan Terbatas dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Coporate Social Responsibility. Kemudian apakah kendala yuridis yang dihadapi Perseroan Terbatas dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Coporate Social Responsibility. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, maksudnya adalah prosedur penelitian ilmiah untuk menemukan kebenaran berdasarkan logika keilmuan hukum dari sisi normatifnya, merupakan penelitian yang menggambarkan, menelaah, menjelaskan serta menganalisis “Peranan Perseroan Terbatas dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Coporate Social Responsibility”. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa peranan Perseroan Terbatas dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Coporate Social Responsibility yaitu harus sejalan dengan sistem perekonomian yang berasaskan demokrasi ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan, kemudian perusahaan bertanggung jawab terhadap permasalahan sosial serta permasalahan lingkungan di sekitar perusahaan. Sedangkan kendala yuridis yang dihadapi Perseroan Terbatas dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Coporate Social Responsibility yaitu dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas belum mempunyai sanksi yang tegas karena di dalam undang-undang ini tidak memberikan kejelasan mengenai sanksi terhadap perusahaan yang tidak melaksanakan program corporate Social Responsibility. Kata Kunci: Perseroan Terbatas, Perekonomian, Masyarakat dan Corporate Social Responsibility.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Erli Salia, SH., MH 2. Khalisah Hayatuddin, SH., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Perseroan Terbatas, Perekonomian, Masyarakat dan Corporate Social Responsibility.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:32
Last Modified: 25 Jul 2023 04:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26065

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.