STATUS HUKUM ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM YANG TELAH MELAKSANAKAN KESEPAKATAN DIVERSI (StudiPutusanNomor:16/Pid.Sus-Anak/2020/PNPkb)

ERWIN TRI SURYA ANANDAR, NIM. 91220078 (2023) STATUS HUKUM ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM YANG TELAH MELAKSANAKAN KESEPAKATAN DIVERSI (StudiPutusanNomor:16/Pid.Sus-Anak/2020/PNPkb). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
TESIS Erwin 912.20.078_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
TESIS Erwin 912.20.078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK STATUS HUKUM ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM YANG TELAH MELAKSANAKAN KESEPAKATAN DIVERSI (StudiPutusanPengadilan Negeri PangkalanBalaiNomor : 16/Pid.Sus-Anak/2020/PN Pkb) Oleh : ERWIN TRI SURYA ANANDAR LatarbelakangdaripenelitianiniadalahdalampelaksanaandiversidalamperkarapidanaAnak di Pengadilan Negeri PangkalanBalai yang berhasilmencapaikesepakatandiversisangat minim dan dalamUndang-undangNomor 11 tahun 2012 tentangSistemPeradilanPidanaAnaktidakdiaturbagaimana StatusHukumAnak yang berkonflikdenganhukum yang telahmelaksanakankesepakatanDiversi, apakahAnaktersebutmenjaditerpidanaataupulihmenjadisepertisemulasebelumadanyatindakpidana. Berdasarkanlatarbelakangtersebut, makarumusanmasalahdaripenelitianiniadalah 1) BagaimanapelaksanaanDiversiperkarapidanaAnakdalamperkaraNomor 16/Pid.Sus-Anak/2020/PN Pkbsehinggamencapaikesepakatandiversi? 2)Bagaimana Status HukumAnak yang BerkonflikdenganHukum yang telahmelaksanakankesepakatanDiversi?.Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianempiris. Sumber data yang digunakandalampenelitianiniterdiridari data primer dan data sekunder. Data Primer diperolehdengancaramelakukanwawancaradengan Hakim yang memeriksaperkaraNomor 16/Pid.Sus-Anak/2020/PN Pkb dan pihak lain yang berkaitandenganperkaratersebut. Untuk data sekunderdiperolehdaribahankepustakaangunamelengkapi data primer. Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukan dan mengacu pada rumusanmasalah, makadiketahui 1) DiversitelahdilakukansesuaidenganPeraturanMahkamah Agung Nomor 4 tahun 2014 tentangPedomanPelaksanaanDiversidalamSistemPeradilanPidanaAnak. MusyawarahDiversidipimpin oleh Hakim selakuFasilitatorDiversidengandihadiri oleh TerdakwaAnakbesertaOrangtuanyadan Korban besertaorangtuanya.MusyawarahDiversimencapaikesepakatanyang pada pokoknyakeduabelahpihakbersepakatmengakhiriperkara dan pihakTerdakwaAnakbersediamembayargantirugikepada Korbansejumlah Rp7.000.000,00 (tujuhjuta rupiah). Munculnyapoinkesepakatantersebutinisiatifdari Korban yang memintagantikerugian yang disanggupi oleh pihakTerdakwaAnak. Kesepakatantersebutdibuatsecaratertulis yang kemudiandilaporkankepadaKetuaPengadilan oleh Hakim, laluKetuaPengadilanmenerbitkanPenetapanKesepakatanDiversi. Selanjutnya Hakim yang memeriksaperkaratersebutmenerbitkanPenetapanNomor 16/Pid.Sus-Anak/2020/PN PkbtentangPenghentianpemeriksaanperkara.2) DengantelahdikeluarkannyaPutusanNomor 16/Pid.Sus-Anak/2020/PN PkbberupaPenetapantentangPenghentianPemeriksaanPerkaramaka Status HukumTerdakwaAnak yang telahmelaksanakanKesepakatanDiversimenjadipulihsepertisebelumterjadinyatindakpidana, sehinggaAnaktidaklagimenyandangsebagaiTerdakwaataubahkanTerpidana. Hal tersebutmengacu pada definisi dan tujuandiversi yang merupakanperwujudandaripendekatankeadilanrestoratifyaknimengalihkanpenyelesaianperkarapidanaanakdari proses peradilanke proses diluarperadilandenganmenekankanpemulihankembali pada keadaansemula. Kata Kunci :Kesepakatan Diversi, Anak, Status Hukum,

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saipuddin Zahri,S.H.,M.H 2. Dr. Muhammad Yahya Selma,S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Kesepakatan Diversi, Anak, Status Hukum,
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2023 06:12
Last Modified: 22 Jul 2023 06:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26046

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.