PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA KORUPSI DANA DESA DI DESA BEDEGUNG KECAMATAN SEMIDANG AJI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU PROVINSI SUMATERA SELATAN

PUASANTO, SH, NIM. 91220089 (2022) PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA KORUPSI DANA DESA DI DESA BEDEGUNG KECAMATAN SEMIDANG AJI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU PROVINSI SUMATERA SELATAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
REVISI TESIS BARU 20 Juli 2023.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (81MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam praktek pengelolaan keuangan desa berdasarkan peraturan yang masih berlaku Sekaran gini,masih ditemukan adanya ketimpangan antara aturan dengan praktiknya. Terkait urusan dana desa yang masih terus menjadi topik hangat berbagai kalangan,Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan sejumlah persoalan dalam pengelolaan dana desa. Persoalan-persoalan itu harus dipahami sebaik-baiknya,karena menyimpan potensi penyimpangan.Pokok permasalahan penelitian tesis ini adalah bagaimana penegakan hukum tindak pidana korupsi dana desa di Desa Bedegung Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan dan bagaimana sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana korupsi dana desa menurut Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian yuridis empiris dengan mengutamakan data primer (data lapangan) dan bersifat diskriptif analitis. Adapun hasil dari penelitiannya, bahwa penegakan hukum tindak pidana korupsi dana desa di Desa Bedegung Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan sudah berjalan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di Indonesia, di mana tersangka selain dikenakan sanksi administratif juga dijatuhi sanksi hukuman pidana oleh Pengadilan Tipikor Pengadilan Negeri Kelas 1A Palembang dan sekarang ini masih dalam proses banding. Sedangkan sanksi pidana terhadap pelaku korupsi dana desa dapat dikenakan ketentuan Pasal 2 atau Pasal 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. Kata Kunci: Penegakan Hukum, Tindak PidanaKorupsi, DanaDesa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBIMBING : 1.Dr.Muhammad Yahya Selama,SH.MH 2.Dr.Holijah,SH. MH
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, Tindak PidanaKorupsi, DanaDesa.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2023 04:57
Last Modified: 22 Jul 2023 05:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/26043

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.