ALASAN ISTERI TIDAK MELAPORKAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA YANG DILAKUKAN OLEH SUAMINYA

ROSALIA, NIM. 502019306 (2023) ALASAN ISTERI TIDAK MELAPORKAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA YANG DILAKUKAN OLEH SUAMINYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019306_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
502019306_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
502019306_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
502019306_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
502019306_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
502019306_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502019306_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Angka Kejadian kekerasan dalam rumah tangga di Indonesia, merupakan sebuah fenomena gunung es, dimana angka kejadian sebenarnya tidak tercatat sebagai akibat dari tidak adanya kesadaran korban untuk melaporkan kejadian dengan alasan yang beraneka ragam. Kekerasan telah menjadi fenomena dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Kekerasan terjadi tidak hanya di ranah publik, tetapi juga di ranah domestik, yang melahirkan kekerasan dalam rumah tangga, yang perkembangannya sulit bagi korban KDRT untuk melaporkan penderitaannya ke pihak kepolisian, karena ada stigma yang kuat, bahwa perlakuan kasar seorang pria terhadap isterinya adalah bagian dari kehidupan pribadi (urusan rumah tangga), sehingga tidak dapat dilaporkan ke polisi. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah alasan apa saja yang menyebabkan korban KDRT tidak mau melaporkan kejadian yang dialaminya kepada pihak yang berwenang ? dan apa saja jenis-jenis kekerasan dalam rumah tangga yang di alami korban KDRT yang tidak mau melaporkan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode kepustakaan dan metode pengolahan data. Wawancara dilakukan terhadap 2 orang responden dan 1 orang informan. Teknik analisa data yang digunakan adalah anlisis data secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alasan yang menyebabkan korban KDRT tidak mau melaporkan kejadian yang dialaminya kepada pihak yang berwenang diantaranya adalah Masih kurangnya pemahaman korban mengenai undang-undang KDRT, adanya rasa malu, menganggap kekerasan ini adalah yang wajar dan lumrah terjadi, demi anak-anak mereka. Jenis-jenis kekerasan dalam rumah tangga yang telah terjadi yaitu kekerasan fisik yaitu pemukulan yang menyebabkan luka fisik atau memar, kekerasan psikis berupa kalimat-kalimat verbal yang tidak pantas, kekerasan seksual berupa pemaksaan berhubungan intim dan Penelantaran rumah tangga, berupa ketidak mampuan suami memenuhi kebutuhan isteri karena tidak bekerja lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Hambali Yusuf, SH., M.Hum 2. Eni Suarti, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kekerasan Dalam Rumah Tangga, UU No.23 Tahun 2004, Jenis KDRT.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:11
Last Modified: 17 Jul 2023 06:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25977

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.