OPTIMASI PENGGUNAAN KOAGULAN GETAH KARET DALAM MEMINIMALISIR POLUSI UDARA PADA PENGOLAHAN KARET DENGAN PENDEKATAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY

MOHAMMAD BADARUDIN, NIM.152018021 (2023) OPTIMASI PENGGUNAAN KOAGULAN GETAH KARET DALAM MEMINIMALISIR POLUSI UDARA PADA PENGOLAHAN KARET DENGAN PENDEKATAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152018021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
152018021_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
152018021_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
152018021_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
152018021_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
152018021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
152018021_COVER_SAMPAI_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK OPTIMASI PENGGUNAAN KOAGULAN GETAH KARET DALAMMEMINIMALISIR POLUSI UDARA PADA PENGOLAHAN KARET DENGAN PENDEKATAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY Muhammad Badarudin Program Studi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Palembang M85057027@gmail.com Proses koagulasi untuk limbah dengan koagulan adalah berupa pengolahan bahan–bahan kimia kedalam air limbah agar partikel–partikel yang susah mengendap dalam air mengalami koagulasi dan saling berkaitan membentuk flok yang lebih besar dan berat. Dalam menggunakan koagulan maka digunakan optimasi merupakan suatu percobaan aplikasi untuk mengoptimalkan proses dengan menemukan pengaturan faktor terbaik untuk mencapai tujuan memaksimalkan, meminimalkan atau mencapai nilai target secara terpisah untuk setiap respon. Aplikasi minitab 19 untuk mengolah optimasi, Response surface methodology atau metode permukaan respons adalah himpunan metode matematika dan statistik yang digunakan untuk melihat hubungan antara satu atau lebih variabel perlakuan berbentuk kuantitatif dengan sebuah variabel respon yang bertujuan untuk mengoptimalkan respon tersebut dalam suatu percobaan.Berdasarkan nilai optimal koagulan getah karet dalam menentukan suatu proses analisis & perhitungan untuk mendapatkan solusi yang optimal, salah satu metode optimasi untuk mendapatkan solusi optimal dari analisis uji regresi manual didapatkan nilai ln 6,987 yang diproleh dari lateks 375 dan koagulan 276, maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa titik optimal yang memaksimumkan response (banyaknya kebenaran yang terjadi) yang di dapat dari hasil pengolahan data adalah minutab lateks 30,87 dan koagulan 94.Sebenarnya penelitian ini dapat dilanjutkan dengan koagulan yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan memenuhi apa yang diinginkan, dan mengurangi dampak lingkungan. Kata Kunci: Karet, koagulan, Response Surface Methodology, polusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Masayu Rosyidah. ST., MT 2. Nidya Wisudawati. S.T,.MT,. M.Eng
Uncontrolled Keywords: Karet, Koagulan, Response Surface Methodology, Polusi.
Subjects: Industri > karet
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 15 Jul 2023 01:14
Last Modified: 15 Jul 2023 01:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25969

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.