PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA KORUPSI YANG MELIBATKAN PEJABAT NEGARA OLEH PENYIDIK KEJAKSAAN NEGERI PALEMBANG

M IQBAL NIZAR, NIM: 502018250 (2023) PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA KORUPSI YANG MELIBATKAN PEJABAT NEGARA OLEH PENYIDIK KEJAKSAAN NEGERI PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502018250_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502018250_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
502018250_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
502018250_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
502018250_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
502018250_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502018250_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA KORUPSI YANG MELIBATKAN PEJABAT NEGARA OLEH PENYIDIK KEJAKSAAN NEGERI PALEMBANG Oleh M Iqbal Nizar Adapun yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana pembuktian tindak pidana korupsi yang melibatkan pejabat negara oleh penyidik kejaksaan negeri Palembang? 2. Apa saja hambatan – hambatan yang dihadapi jaksa dalam pembuktian tindak pidana korupsi yang melibatkan pejabat negara oleh penyidik kejaksaan negeri Palembang? Sejalan dengan permasalahan yang dibahas, maka penelitian ini adalah penelitian hukum normative yang bersifat deskriptif dan tidak bermaksud menguji hipotesa. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui : 1. Penelitian kepustakaan (library research), dalam usaha mendapatkan data sekunder dengan cara mengkaji bahan hukum primer berupa peraturan perundag – undangan yang berlaku dan bahan hukum sekunder yang berupa karya – karya ilmiah dari para sarjana yang terdapat dalam literatur – literatur, khususnya yang ada relevansinya dengan permasalahan yang dibahas. 2. Penelitian lapangan (field research), untuk memperoleh data primer dengan cara melakukan wawancara dengan pihak kejaksaan negeri Palembang. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan cara menganalisis isi yang diperoleh dari penelitian kepustakaan maupun penelitian lapangan selanjutnya dikontruksikan kedalam suatu kesimpulan. Berdasarkan pada pembahasan yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Pembuktian tindak pidana korupsi yang melibatkan pejabat negara oleh kejaksaan negeri Palembang terdiri dari : a. Pemeriksaan saksi b. Pemeriksaan terdakwa c. Pemeriksaan saksi ahli d. Pemeriksaan bukti 2. Yang menjadi hambatan – hambatan jaksa dalam pembuktian tindak pidana korupsi yang melibatkan pejabat Negara oleh penyidik kejaksaan negeri Palembang ialah a. Pada tingkat proses penyidikan yakni : Membutuhkan perizinan terlebih dahulu dari Menteri dalam negeri (MENDAGRI) yang prosesnya memakan waktu cukup lama. Pada tingkat proses persidangan jaksa banyak menghadapi hambatan diantaranya sebagai berikut : 1) Terlalu banyaknya jumlah saksi, dan keterangan saksi yang berbelit – belit, serta tidak tepatnya waktu saat dimintai keterangan pada persidangan. 2) Sulit didapatnya alat bukti berupa surat – surat yang menyangkut persoalan perkara. 3) Terlalu lamanya menunggu hasil keterangan ahli. 4) Keterangan terdakwa yang sering berbelit – belit dan cenderung menutup – nutupi perkara, serta terkadang sering pula menghilangkan barang bukti. 5) Ketidak sesuaian antara keterangan yang satu dengan keterangan yang lainnya pada alat bukti petunjuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi I : Dr. Mulyadi tanzili SH.,MH. Pembimbing Skripsi II : Yudistira rusydi SH.,MHum
Uncontrolled Keywords: TINDAK PIDANA KORUPSI. PEJABAT NEGARA DAN PENYIDIK
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:58
Last Modified: 14 Jul 2023 01:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25963

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.