ABDUL ROHMAN, NIM.502019034 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN ONLINE DITINJAU DARI UU NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
Text
502019034_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
502019034_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
502019034_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
502019034_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
|
Text
502019034_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
Text
502019034_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
502019034_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN ONLINE DITINJAU DARI UU NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN Abdul Rohman Perkembangan Konsumen saat ini begitu pesat, begitu pula dengankebutuhan manusia semakin hari semakin meningkat, seiring dengan berjalannya waktu konsumen memerlukan payung hukum untuk melindunginya. Perlindungan Konsumen merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan bisnis yang sehat. Dalam kegiatan bisnis yang sehat terdapat keseimbangan perlindungan hukum antara konsumen, pelaku usaha dan pemerintah, tidak adanya perlindungan yang seimbang menyebabkan konsumen berada pada posisi yang lemah. Kondisi Konsumen yang banyak dirugikan,memerlukan peningkatan upaya untuk melindunginya sehingga hak-hak konsumen dapat ditegakkan. Perkembangan dunia usaha yang pesat dan berbasis teknologi dimana jual beli atau didalam dunia usaha berbasis dengan online, dalam perkembangan kemajuan ini memang banyak dampak positif yang diperoleh oleh konsumen, namun juga banyak dampak negatifnya seperti penipuan, dan lain-lain. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Perlindungan Hukum Konsumen Online ditinjau dari Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, dan 2) Apa sanksi yang diberikan bagi pelanggaran Konsumen Online ditinjau dari Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode normatif. Teknik normatif mengambil dari jurnal,buku, dan lain-lain Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum konsumen online dtitinjau dari Undang-Undang No 8 Tahun 1999 sama dengan perlindungan konsumen pada umumnya dan sanksi perdata bagi perlindungan konsumen Online ditinjau dariUndang-Undang Nomor 8 tahun 1999 ialah berupa sanksi ganti rugi, dan ganti rugi bila tidak sesuai dengan diharapkan, maka ganti rugi dilaksanakan dalam tenggang waktu 7 (tujuh) hari setelah tanggal transaksi. Kata kunci: Konsumen, Perlindungan Hukum, Perlindungan Hukum Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing Skripsi I : Dr. Khalisah Hayatuddin, SH., M.Hum Pembimbing Skripsi II : Hj. Kuriniati, SH., MH. |
Uncontrolled Keywords: | Konsumen, Perlindungan Hukum, Perlindungan Hukum Konsumen |
Subjects: | Ilmu Hukum > Hukum Perdata |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Nanda NIM. 502016088 Febriawan |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 05:18 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 05:18 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25958 |
Actions (login required)
View Item |