AKIBAT HUKUM JUAL – BELI TANAH YANG MENGANDUNG CACAT HUKUM

GUSTI HIDAYAT, NIM. 502018328 (2022) AKIBAT HUKUM JUAL – BELI TANAH YANG MENGANDUNG CACAT HUKUM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018328_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018328_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
502018328_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
502018328_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
502018328_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
502018328_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
502018328_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Akibat Hukum Jual-Beli Tanah Yang Mengandung Cacat Hukum GUSTI HIDAYAT Meningkatnya kebutuhan ekonomis terhadap hak asas tanah yang berbanding terbalik dengan ketersediaan jumlah bidang tanah (cenderung bersifat statis) menjadi salah satu factor pemicu lonjakan angka sengketa, koflik dan perkara pertanahan yag terjadi di Indonesia ini. Salah satu penyebab munculnya permasalahan hukum dalam perolehan dan peralihan hak atas tanah adalah yang berasal dari jual – beli. Perihal tentanng jual – beli, agar jual – beli tanah terhindar dari wanprestasi baik itu dari kalangan PPAT maupun masyarakat harus mengetahui dasar hukum dari segi kegrariaan yang terdapat dalam Undang – Undang Pokok Agraria (UUPA), yaitu Dasar Kenasionalan, tidak doakuinya asas domein, diakunya hak ulayat, fungsi social dari ha katas tanah, hanya warga negara Indonesia yang dapat mempunyai hak milik atas tanah, asas kebangsaan, penyelenggara landreform, perencanaan (planning), kesatuan dan kesederhaan hukum agrarian, dan kepastian hukum. Jenis penelitian ini adalah normative atau yuridis normatif yang dapat diartikan sebagai penelitian hukum dengan cara meneliti bahan Pustaka dan bahan sekunder, sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis, yaitu peneltian yang dimaksud untuk memberikan data yang sateli mungkin tentang keadaan yang menjadi ojek. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan tesis ini yaitu melalui teknik studi pusaka (literature research) dan juga melalui bantuan media elektronik, yaitu internet. Metode analisis data yang dilakukan penulis adalah pendekatan kualitatif. Akibat hukum terhadap jual beli tanah yang didalamnya mengandung cacat hukum adalah perjanjian jual belinya batal demi hukum, karena tidak memenuhi syarat sahnya perjanjian khususnya syarat kausa yang halal (cacat hukum). Tanggung jawab para pihak terhadap jual beli tanah yang mengandung cacat hukum yaitu penjual bertanggung jawab untuk mengembalikan uang pembelian tanah tersebut berikut uang ganti rugi dan pembeli bertanggung jawab untuk mengembalikan penguasaan hak atas tanah kepada penjual (pemilik asal). Kata kunci : Akibat Hukum, Wanprestasi, Jual – Beli Tanah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi I : H. Abdul Hamid Usman, S.H.,MH Pembimbing Skripsi II : M. Soleh Idrus, S.H., MS.
Uncontrolled Keywords: Akibat Hukum, Wanprestasi, Jual – Beli Tanah.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:16
Last Modified: 12 Jul 2023 04:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25943

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.