PENYELESAIAN SENGKETA PEMBAGIAN HARTA WARISAN AKIBAT TIDAK DILAKSANAKANNYA WASIAT OLEH AHLI WARIS DI PENGADILAN AGAMA KELAS 1A PALEMBANG

NADYA KAVITA, NIM. 502019316 (2023) PENYELESAIAN SENGKETA PEMBAGIAN HARTA WARISAN AKIBAT TIDAK DILAKSANAKANNYA WASIAT OLEH AHLI WARIS DI PENGADILAN AGAMA KELAS 1A PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019316_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (946kB) | Preview
[img] Text
502019316_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
502019316_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
502019316_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
502019316_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
502019316_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502019316_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sebagai makhluk hidup, tentunya manusia akan meninggal dunia. Sepanjang hidupnya, bisa jadi seseorang memiliki harta kekayaan yang sangat berlimpah yang nantinya diturunkan ke ahli waris. Namun jadi masalah apabila tidak disertakan dengan surat wasiat. Rumusan masalahnya yaitu bagaimana cara penyelesaian sengketa pembagian harta warisan akibat tidak dilaksanakannya wasiat oleh ahli waris di pengadilan agama Palembang dan apakah faktor-faktor yang menghambat penyelesaian sengketa pembagian harta warisan akibat tidak dilaksanakannya wasiat oleh ahli waris di pengadilan agama Palembang. Metode penelitiannya menggunakan jenis penelitian empiris dengan menggunakan data primer dan data sekunder berupa penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan di Pengadilan Agama Kota Palembang. Dianalisis secara kualitatif dengan penarikan kesimpulan deskriptif analisis. Kesimpulannya adalah Pengadilan memiliki beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyelesaikan sengketa berkaitan dengan pembagian harta warisan sebagai akibat dari tidak dilaksanakannya wasiat oleh ahli waris yang terjadi secara khusus di Pengadilan Agama Palembang yaitu dengan melakukan musyawarah, mediasi, dan putusan pengadilan. Kemudian faktor-faktor yang menghambat dalam penyelesaian sengketa pembagian harta warisan akibat tidak dilaksanakannya wasiat oleh ahli waris di Pengadilan Agama Palembang yaitu karena para pihak tidak mengikuti proses penyelesaian dengan itikad baik. Hal ini dapat terjadi ketika adanya pihak yang tidak hadir berturut-turut tanpa adanya alasan yang sah. Ataupun menghadiri proses penyelesaian namun tidak mengajukan dan/atau menanggapi resume perkara yang diajukan oleh pihak lainnya, serta berbagai alasan lain yang juga relevan berkaitan dengan faktor penghambat itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. H. Saifullah Basri, SH., MH 2. Burhanuddin, SH., MH
Uncontrolled Keywords: sengketa, wasiat, hukum waris
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:29
Last Modified: 12 Jul 2023 02:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25940

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.