PELAKSANAAN PROGRAM ZERO STREET CRIME DI ERA PANDEMI DI KOTA PALEMBANG

FIRA ZAHHARA JAMAL, NIM. 502019108 (2023) PELAKSANAAN PROGRAM ZERO STREET CRIME DI ERA PANDEMI DI KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019108_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text
502019108_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
502019108_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
502019108_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
502019108_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
502019108_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
502019108_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang bermaksud untuk mengetahui pelaksanaan program zero street crime di era pandemic di kota Palembang. Untuk itu permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pelaksanaan Zero Street Crime dalam menanggulangi kejahatan di era pandemic di Kota Palembang dan Hambatan apa saja yang dihadapi pihak Polresta Palembang dalam penanggulangan kejahatan jalanan melalui program zero street crime di kota Palembang. Penulisan skripsi ini tergolong penelitian hukum sosiologis yang bersifat eksloratoris sehingga tidak berkehendak menhuji hipotesis. Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan : Dalam pelaksanaan Zero Street Crime, maka pihak Polresta Palembang telah memberikan fungsi pelaksanaan berupa fungsi preventif dan fungsi represif. Pada dasarnya pelaksanaan tersebut lebih mengutamakan upaya pencegahan hingga pada upaya penindakan, yang dimana pelaksanaannya dilakukan oleh empat satuan yang ditunjuk seperti Sat Bimas, Sat Lantas, Sat Sabhara dan Sat Reskrim. Semuanya memiliki peran dan fungsi yang berbeda dalam menjalankan program zero street crime, pelaksanaaan tersebut dimulai dari upaya pencegahan berupa sosialisasi dan pembinaan dikalangan masyarakat, melakukan patrol/razia serta melakukan penertiban di jalan hingga nantinya diberikan upaya penindakan bagi yang tertangkap melakukan senuah kejahatan. Dan Bentuk-bentuk hambatan dalam upaya penanggulangan kejahatan jalan masih saja terus menyimpan beberapa PR bagi segenap unsur pelaksananya. Seperti tidak adanya wadah atau empat berupa panti rehabilitasi untuk memberikan pembinaan bagi penyandang masalah kesejahteraan social (PMKS) dan anak jalanan (ANJAL) yang banyak meresahkan masyarakat, begitu juga dengan unsur personil yang tidak memadai/kurang dengan jumlah penduduk dan luas wilayah koa Palembang sehingga tidak mendukung dalam upaya penanganan yang ada. Selain itu yang juga hambatan dating dari vonis atau hukuman yang rendah sehingga bermunculan banyaknya redivis dengan berbagai modus yang beragam. Sebagai tindak lanjut terhadap program zero street crime Polresta Palembang tetap menjalan kan program tersebut, walaupun dengan berbagai hambatan-hambatan yang pasti akan muncul dalam pelaksanaannya. Selain itu, pada dasarnya kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam program Zero Street Crime merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari oleh polisi dalam menjalankan tugasnya sebagai pengayom dan pelayanan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Edy Kastro, M.Hum 2. Rosmawati, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana, Kriminalitas, Zero Street Crime
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:25
Last Modified: 12 Jul 2023 02:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25934

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.