PERANAN DAN SANKSI OLEH BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN TERHADAP PRODUK YANG TIDAK MEMILIKI NOMOR IZIN EDAR DAN TIDAK MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA ATAU BAHAS INGGRIS

ABI RAIHAN ALBIRUNI, NIM. 502019135 (2023) PERANAN DAN SANKSI OLEH BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN TERHADAP PRODUK YANG TIDAK MEMILIKI NOMOR IZIN EDAR DAN TIDAK MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA ATAU BAHAS INGGRIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019135 BAB I DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
502019135 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
502019135 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
502019135 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
502019135 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
502019135 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502019145_COVER SAMPAI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi masyarakat mengkonsumsi obat-obat an dan makanan, salah satu nya dengan iklan dan promosi yang dilakukan pihak pelaku usaha. Di era perdagangan bebas seperti sekarang ini banyak produk-produk bebas yang tidak bersetifikasi serta berlabel bahasa Indonesia berkeliaran di pasar-pasar. Salah satu perbuatan curang atau bertentangan dengan hukum yang dilakukan oleh pengusaha adalah tidak mencantumkan label produk Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Terkait Label Berbahasa Asing Dalam Suatu Produk Kosmetik dengan terjemahan Bahasa Indonesia, sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 tahun 1999 Pasal 8 ayat (1) huruf j yang menjelaskan bahwa pengusaha seharusnya mencantumkan petunjuk serta informasi pada sebuah produk dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah 1) Peranan dan sanksi oleh BPOM terhadap produk yang tidak memiliki nomor izin edar dan tidak menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. 2) Kendala BPOM dalam mengawasi peredaran produk yang tidak memiliki nomor izin edar dan tidak menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode kepustakaan dan metode pengolahan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa Peranan dan sanksi oleh BPOM terhadap produk yang tidak memiliki nomor izin edar dan tidak menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris adalah peranan BPOM sangat penting dalam pengawasannya karena itu menjadi tupoksi. Sanksi oleh BPOM adalah sebagai pencegahan dalam pencegahan beredarnya produk obat dan makanan yang tidak memiliki nomor izin edar dan tidak menggunakan bahasa indonesia atau bahasa inggris dalam kemasannya. Kendala Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam mengawasi peredaran produk yang tidak memiliki nomor izin edar dan tidak menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris adalah hambatan di bagian bisnis online seperti penjualan produk melalui media online (marketplace) yang masih sulit dilacak oleh petugas karena membutuhkan tenaga keahlian serta sarana dan prasarana belum yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. H. Abdul Hamid Usman,S.H.,M.Hum 2. H. Helmi Ibrahim,S.H.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Peranan dan Sanksi oleh, BPOM, Nomor Izin Edar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:26
Last Modified: 12 Jul 2023 02:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25933

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.