PELAKSANAAN PERMA NOMOR 3 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN MENGADILI PERKARA PEREMPUAN BERHADAPAN DENGAN HUKUM TERKAIT HAK ISTRI DAN HAK ANAK SEBAGAI AKIBAT DARI PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA BATURAJA.

Taufiq Saleh, NIM : 91220061 (2022) PELAKSANAAN PERMA NOMOR 3 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN MENGADILI PERKARA PEREMPUAN BERHADAPAN DENGAN HUKUM TERKAIT HAK ISTRI DAN HAK ANAK SEBAGAI AKIBAT DARI PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA BATURAJA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
TAUFIQ SALEH_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
TAUFIQ SALEH_912.20861 FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PERMA No 3 Tahun 2017 selain melindungi perempuan yang berhadapan dengan hukum, PERMA ini juga dapat menjadi acuan hakim dalam melindungi hak-hak anak yang menjadi korban perceraian orang tuanya. Karena pada dasarnya anak secara yuridis dan sosiologis merupakan pihak yang lebih banyak berdekatan dengan perempuan. PERMA ini selain menjadi pedoman mengadili perempuan berhadapan dengan Hukum dapat pula dijadikan sebagai dasar Hukum untuk memberikan perlindungan Hukum terhadap anak-anak yang menjadi korban perceraian. Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaaan PERMA No. 3 Tahun 2017 terkait hak istri dan hak anak sebagai akibat dari perceraian di Pengadilan Agama Baturaja Dan Faktor-faktor apakah yang yang mempengaruhi pelaksanaaan PERMA No. 3 Tahun 2017 terkait hak istri dan hak anak sebagai akibat dari perceraian di Pengadilan Agama Baturaja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitain ini yaitu metode penelitaian yuridis empiris yang bersifat diskristif. Hasil penelitia ditemukan sebagai berikut:1). Dalam praktiknya penanganan perempuan berhadapan dengan hukum di Pengadilan Agama Baturaja sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Perma Nomor 3 tahun 2017 dimana dalam setiap perkara yang terdapat pihak perempuan bersengketa, maka majelis hakim akan menerapkan asas-asas yang bersesuaian mulai dari memperlakukan perempuan sama di depan hukum, kesetaraan gender, serta mengedepankan adanya keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum tanpa adanya diskriminasi; 2). Faktor-faktor yang mempegaruhi pelaksanaaan PERMA No. 3 Tahun 2017 terkait hak istri dan hak anak sebagai akibat dari perceraian di Pengadilan Agama Baturaja, antara lain: Faktor ekonomi orang tua laki-laki (ayah) yang kurang mapan; Faktor orang tua menikah lagi; Faktor psikologis yang dapat menyebabkan orangtua perempuan sebagai pemegang hak pemeliharaan tidak mengijinkan bekas suaminya untuk bertemu dengan anak mereka; Faktor orang tua perempuan mampu untuk memberikan biaya nafkah anak. Sehingga untuk menafkahi anak tidak menjadi persoalan bagi ibunya karena dia mampu. Kata Kunci: Perempuan, Perceraian, Hak Anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Khalisah Hayatuddin, SH., M.Hum 2. Dr. Arief WisnuWardhana, S.H.,M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Perceraian, Hak Anak.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jul 2023 04:20
Last Modified: 08 Jul 2023 04:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25928

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.