ALIBI TERDAKWA YANG DAPAT DITERIMA SEBAGAI ALAT BUKTI MENURUT KUHAP

JUMANTORO, NIM. 502019115 (2023) ALIBI TERDAKWA YANG DAPAT DITERIMA SEBAGAI ALAT BUKTI MENURUT KUHAP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502019115_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
502019115_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
502019115_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
502019115_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
502019115_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
502019115_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text
502019115_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah dapatkan alibi terdakwa dimasukkan kedalam pengelompokkan alat-alat bukti yang sah menurut KUHAP dan bagaimana kriteria alibi terdakwa yang dapat diterima sebagai alat bukti menurut KUHAP. Selaras dengan tujuan yang bermaksud menelusuri prinsip-prinsip hukum, terutama yang bersangkut paut dengan kriteria alibi terdakwa yang dapat diterima sebagai alat bukti menurut KUHAP, maka jenis penelitiannya adalah penelitian hukum normative yang bersifat deksritif (menggambarkan). Teknik pengumpulan data sekunder dititik beratkan pada penelitian kepustakaan (library research) dengan cara mengkaji bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menerapkan metode analisis isi (content analsys) terhadap data tekstular untuk selanjutnya dikondtruksikan ke dalam suatu kesimpilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkansebagai berikut: 1. Pada hakekatnya alibi itu dapat dikelompokan ke dalam pengertian alat bukti keterangan terdakwa, karena alibi terdakwa mengandung penyangkalan yang diajukan oleh terdakwa di persidangan bahwa dirinya bukan pelaku dari tindak pidana karena adanya alibi. Namun demikian, tidak setiap alibi terdakwa secara otomatis dapat membebaskan terdakwa dari semua dakwaan (vrijspraak) karena masih ahrus dipenuhi beberapa kriteria, baik kriteria yuridis mauun yang non yuridis. 2. Kriteria-kriteria yang harus dipenuhi, agar alibi terdakwa dapat diterima, sehingga dapat membebaskan terdiri atas : 3. a. Faktor b. Faktor non yuridis 4. Kedua kelompok kriteria ini dalam praktek sulit ditunjuk yang mana yang paling dominant, karena seni bercarrraaa dan aspek yuridis berbaur atau bersatu padu dalam menentukan dapat tidaknya alibi terdakwa diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M. Soleh Idrus, SH., MS 2. Luil Maknun, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Alibi, Terdakwa, Alat Bukti
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 Jul 2023 00:03
Last Modified: 03 Jul 2023 00:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/25877

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.